Bangun Kembali Kampug Bayam, Langkah Anies Dinilai Tepat: Ini Sangat Baik!

Bangun Kembali Kampug Bayam, Langkah Anies Dinilai Tepat: Ini Sangat Baik!

Ekonomi | wartaekonomi | Rabu, 11 Mei 2022 - 14:49
share

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah menilai langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membangun hunian untuk warga yang tergusur di Kampung Bayam sudah tepat.

Seperti diketahui, belum lama ini mantan menteri pendidikan tersebut meletakkan batu pertama dalam pembangunan Kampung Susun Bayam.

Ada pun kampung tersebut sempat digusur lantaran terletak bersebelahan dengan Jakarta International Stadium (JIS).

Tepat, Anies berhasil menghadirkan negara sebagai penjamin sandang, pangan, dan tempat tinggal warganya, ujar Dedi dilansir dari GenPI.co, Selasa (10/5).

Selain itu, menurutnya, Anies juga cerdas dalam mempertahankan sumber produktivitas warga yang sebelumnya berprofesi sebagai petani di dalam kota.

Sebab, rencananya, Anies juga akan memberikan lahan bagi mereka agar profesi tersebut bisa berjalan berdampingan di sebelah stadion bertaraf internasional.

Mungkin bisa diberdayakan di JIS bagi mereka kalangan muda dan dibatasi, tuturnya.

Menurutnya, Anies juga memiliki kemampuan menempatkan program yang berdampak langsung pada penduduk setempat.

Itu sangat jarang terjadi. Kinerja ini sangat baik, kata Dedi.

Seperti diketahui, sebelumnya Anies Baswedan menegaskan pembangunan Kampung Susun Bayam tidak akan menghilangkan mata pencaharian warga.

Yang berprofesi sebagai petani dapat meneruskan profesinya. Sehingga, kehidupan berdampingan masyarakat dengan stadion bertaraf internasional bisa jadi contoh, kata Anies.

Selain membuat hunian bagi warga yang sebelumnya tergusur, Anies juga berharap para petani perkotaan meneruskan profesinya.

"Bukan hanya hunian, tetapi penghidupannya direncanakan dengan melibatkan semua, ujar Anies Baswedan.(*)

Topik Menarik