Loading...
Loading…
Menkop UKM: Belanja Pemerintah Rp735 Triliun Diarahkan ke UMKM

Menkop UKM: Belanja Pemerintah Rp735 Triliun Diarahkan ke UMKM

Ekonomi | sindonews | Kamis, 25 Juni 2020 - 13:09

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong penyelamatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada sekitar Rp735 triliun belanja pemerintah yang akan diarahkan kepada UMKM.

Menurutnya hal tersebut akan efektif membantu UMKM yang saat ini kehilangan permintaan akibat menurunnya konsumsi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

"Kami melihat ada Rp735 triliun belanja pemerintah tahun ini yang bisa dibelanjakan untuk produk UMKM, ini sudah kita bahas dengan Presiden untuk penyalurannya," ujar Teten di Jakarta, Kamis (24/6/2020).

Dia melanjutkan, dengan anggaran itu bisa memberikan pelatihan dalam menyusun paket pengadaan dan bagaimana pengadaan produk UMKM. Anggaran itu dialirkan untuk menyelamatkan UMKM yang terdampak covid-19.

"Kita telah bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) untuk meluncurkan situs khusus yang di dalamnya terdapat e-catalog produk-produk UMKM," jelasnya.

Dia pun mendorong kampanye tagar "Bangga Buatan Indonesia" selain mendorong belanja pemerintah ke produk UMKM. "Kesetiakawan dan komitmen agar belanja produk UMUM akan mendongkrak demand produk UMKM," tegasnya.

Original Source

Topik Menarik

{