Cetak Rekor Tertinggi Selama Pandemi, Pergerakan Arus Balik Lebaran di Bandara Soetta Capai 1.130 Penerbangan

Cetak Rekor Tertinggi Selama Pandemi, Pergerakan Arus Balik Lebaran di Bandara Soetta Capai 1.130 Penerbangan

Ekonomi | inewsid | Senin, 9 Mei 2022 - 06:26
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan pergerakan arus balik lebaran melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) tercatat mencapai 1.130 penerbangan dan 150.000 penumpang, pada Minggu (8/5/2022).

Menurut Menhub, jumlah penerbangan di Bandara Soetta yang diprediksi menjadi puncak arus balik lebaran pada H+5, mencetak rekor tertinggi selama pandemi Covid-19.

Ini belum pernah terjadi dan merupakan rekor tertinggi sejak pandemi, kata Budi Karya, saat meninjau Terminal 2 Bandara Soetta, Minggu.

Dia menjelaskan, dari total pergerakan pesawat dan penumpang, sekitar 40 persen melalui Terminal 2. "Sekitar 570 flight dan paling tidak ada sekitar 3.500 orang per jam di sini, ujar Budi Karya.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Menhub meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, baik operator bandara, maskapai penerbangan, dan unsur terkait lainnya, mempersiapkan dengan baik pelayanan dan penanganan arus kedatangan dan keberangkatan agar berjalan dengan lancar.

Saya meminta Dirjen Perhubungan Udara bersama Dirut AP II untuk mengawasi langsung kedatangan penumpang pada puncak arus balik sampai dengan malam ini, ujar Budi Karya.

Lebih lanjut, Menhub kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan kembali pada hari ini, guna mencegah terjadinya kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman.

Masyarakat yang belum pulang, jangan pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat lebaran ketupat Selasa depan. Perjalanan akan lebih nyaman, ungkap Budi Karya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, akan mengawasi dan memastikan pelayanan kedatangan penumpang di puncak arus balik ini berjalan dengan baik.

Dengan pergerakan 3.500 orang per jam, kira-kira ada 10 ribu tas atau bawaan per jam. Ini harus bisa dilayani dengan baik, kata Novie.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirut AP II Muhammad Awaluddin, Dirut AirNav Polana B Pramesti dan Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Finari Manan.

Topik Menarik