4 Fakta BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Cepat dan Tepat Sasaran

4 Fakta BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Cepat dan Tepat Sasaran

Ekonomi | okezone | Senin, 9 Mei 2022 - 05:39
share

JAKARTA - BLT subsidi gaji Rp1 juta akan diberikan ke 8,8 juta tenaga kerja. Adapun pekerja yang mendapat BLT subsidi gaji diperuntukan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk BLT subsidi gaji mencapai Rp8,8 triliun. Kementerian Ketenagakerjaan tengah mempersiapkan seluruh instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa program ini dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Berikut fakta-fakta masalah BLT subsidi gaji yang dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (9/5/2022).

1. Tepat Sasaran

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa program BSU didesain untuk pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. BSU dan akan diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp 1 juta.

"Saat ini Kemnaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," kata Ida.

2. Data Akurat

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, cepat dimaksudkan agar BSU dapat segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh. Tepat bermakna sesuai dengan sasaran penerima, serta sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

"Sedangkan akurat didasarkan pada data yang bisa dipertanggungjawabkan, dan akuntabel sesuai dengan tata kelola yang benar," katanya di Jakarta belum lama ini.

Topik Menarik