Perantau Adu Nasib ke Kota, Pengusaha: Bawa Keterampilan Jangan Andalkan Ijazah!

Perantau Adu Nasib ke Kota, Pengusaha: Bawa Keterampilan Jangan Andalkan Ijazah!

Ekonomi | okezone | Minggu, 8 Mei 2022 - 14:00
share

JAKARTA - Pasca mudik , warga desa diperkirakan turut mendatangi kota-kota besar untuk mengadu nasib. Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, urbanisasi sudah budaya sejak dulu di mana setiap selesai lebaran, ketika terjadi arus mudik, pasti dibarengi dengan datangnya masyarakat daerah ke Jakarta maupun kota-kota besar lainnya.

"Menurut saya itu hal yang wajar. Karena mereka mungkin belum mendapatkan pekerjaan di daerah sehingga mereka mengadu nasib ke kota-kota besar seperti Jakarta misalnya," ujar Sarman kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (8/5/2022).

Kendati demikian, dia berharap warga desa yang datang ke kota tidak tangan kosong, atau hanya membawa ijazah saja melainkan sudah memiliki keahlian yang bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang tersedia di kota.

"Tentu kita dari pengusaha sangat berharap agar dalam hal ini masyarakat desa kalau ingin ke kota, memiliki suatu keahlian, jadi bukan mengandalkan ijazah saja karena persaingan di kota itu cukup besa," kata Sarman.

Selain itu, lanjutnya, jika ingin mengadu nasib di Jakarta ataupun kota-kota besar lainnya, para perantau harus sudah memiliki tujuan yang jelas, serta ada keluarga ataupun kerabat yang di tuju supaya sesampainya di kota tidak lontang-lantung karena belum jelas tempat tinggalnya.

Topik Menarik