Begini Pesan Pengusaha bagi yang Mau Cari Kerja di Jakarta usai Lebaran

Begini Pesan Pengusaha bagi yang Mau Cari Kerja di Jakarta usai Lebaran

Ekonomi | inewsid | Minggu, 8 Mei 2022 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak warga desa diperkirakan akan ke kota-kota besar untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan usai Lebaran. Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang berpesan kepada warga desa yang ingin bekerja di kota besar seperti Jakarta.

"Menurut saya, itu hal yang wajar karena mereka mungkin belum mendapatkan pekerjaan di daerah sehingga mereka mengadu nasib ke kota-kota besar seperti Jakarta misalnya," kata Sarman kepada MNC Portal Indonesia , Minggu (8/5/2022).

Kendati demikian, dia berharap warga desa yang datang ke kota tidak hanya dengan tangan kosong, atau hanya membawa ijazah. Mereka diharapkan sudah memiliki keahlian yang bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang tersedia di kota.

"Tentu kita dari pengusaha sangat berharap agar dalam hal ini masyarakat desa kalau ingin ke kota, memiliki suatu keahlian, jadi bukan mengandalkan ijazah saja karena persaingan di kota itu cukup besar," ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, jika ingin mengadu nasib di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, para perantau harus sudah memiliki tujuan yang jelas. Di samping itu, memiliki keluarga atau kerabat yang dituju supaya sesampainya di kota memiliki tempat tinggal.

"Karena kalau tempat tinggal belum jelas, itu akan menjadi beban baru bagi pemerintah," ucap Sarman.

Dia juga berharap pemerintah daerah bisa memfasilitasi serta tidak mempersulit dalam pengurusan dokumen para perantau.

Kendati demikian, Sarman menuturkan, fenomena urbanisasi akan semakin berkurang dalam jangka waktu ke depan. Pasalnya, pemerintah saat ini tengah mendorong investor-investor untuk masuk ke daerah.

"Jadi tidak lagi Jawa sentris karena dulu memang investor-investor diarahkan ke Jawa, tapi saat ini pemerintah sudah mendorong agar investor membuka pabrik di daerah. Kita harapkan kalau ini nanti sudah semakin berkembang tentu fenomena urbanisasi itu akan bisa berkurang," tutur Sarman.

Topik Menarik