Negara Kecil hingga Eropa Kena `Jebakan` Utang China, Cek 4 Faktanya

Negara Kecil hingga Eropa Kena `Jebakan` Utang China, Cek 4 Faktanya

Ekonomi | okezone | Minggu, 8 Mei 2022 - 05:38
share

JAKARTA Pinjaman China untuk proyek-proyek pembangunan di dunia terbukti kontroversial. Hal ini atas praktik pemberian pinjaman kepada negara-negara miskin yang sulit dibayar, sehingga rentan terhadap tekanan Pemerintah Beijing.

Berikut fakta jebakan utang China melilit negara kecil hingga Eropa yang dirangkum di Jakarta, Minggu (8/5/2022).

1. Intelijen Inggris Beri Peringatan

Kepala Badan Intelijen Inggris (MI6) Richard Moore, memperingatkan soal "jebakan utang dan jebakan data" dari China. Moore yang dikenal sebagai "C" menyebut, jebakan dari China tersebut dapat mengancam kedaulatan. Dia pun mengusulkan langkah-langkah defensif.

Menurut Moore, China memiliki kapasitas untuk mengumpulkan data dari seluruh dunia dan menggunakan uang untuk membuat orang lain tertarik. Saat negara mengizinkan negara lain untuk mengakses data penting tentang masyarakat dalam negeri, perlahan, negara tersebut akan kehilangan kedaulatannya.

2. Respons Ekonom

Mohammad Faisal selaku Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) menganggap, jebakan utang yang dimaksud adalah penyerahan pengelolaan aset kepada China karena gagal membayar utang.

Sehingga, dia menyebut kasus serupa itu belum terjadi di Indonesia.

3. Luhut Yakin RI Terhindar dari Jebakan Utang China

Menteri Koordinator Bidang maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada 2019 lalu sempat meyakini bahwa Indonesia dapat terhindar dari jebakan utang China.

"Kita tidak melakukan perjanjian G to G (antar pemerintah). Skema B to B (antar badan usaha) itu sangat baik untuk mengurangi resiko jebakan ini," kata Luhut pada 26 April 2019, dikutip dari situs resmi Kemenko Marves.

Topik Menarik