Menaker Sarankan ke Pengusaha Terapkan WFH Usai Libur Lebaran

Menaker Sarankan ke Pengusaha Terapkan WFH Usai Libur Lebaran

Ekonomi | okezone | Sabtu, 7 Mei 2022 - 20:49
share

JAKARTA - Puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Untuk mengurai kemacetan arus balik , Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyarankan agar pekerja atau buruh yang mudik Lebaran untuk menghindari kembali ke Jakarta dan sekitarnya pada periode puncak arus balik.

"Sebagaimana imbauan Bapak Presiden Jokowi, bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," kata Ida di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Ida juga menyarankan agar pengusaha berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pekerja/buruh yang mudik Lebaran, sehingga dapat menghindari puncak arus balik tersebut.

"Tentunya, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja," sambungnya.

Menurut Ida, upaya ini dapat diwujudkan melalui dialog, komunikasi, dan koordinasi yang intensif antara pengusaha dan pekerja/buruh. Adapun, salah satu substansi yang dapat didialogkan adalah melakukan pekerjaan secara remote atau sistem bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Topik Menarik