Momen Lebaran 2022 Disebut Jadi Kebangkitan UMKM Daerah

Momen Lebaran 2022 Disebut Jadi Kebangkitan UMKM Daerah

Ekonomi | okezone | Jum'at, 6 Mei 2022 - 15:04
share

JAKARTA - Direktur Celios (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira menilai, momentum Lebaran menjadi kebangkitan UMKM daerah.

Pasalnya, Lebaran tahun ini, masyarakat kota berbondong-bondong mendatangi pedesaan.

"Momentum Lebaran ini kan momentum kebangkitan UMKM terutama yang di daerah-daerah, harapannya dengan bangkitnya UMKM bisa menyerap lebih banyak lagi akses tenaga kerja di pedesaan," kata Bhima saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (6/5/2022).

Dia mengatakan, hal ini harus bisa dikembangkan. Artinya, meski masa Lebaran telah usai, namun para UMKM pedesaan tetap bisa menjual produknya ke masyarakat kota.

Adapun caranya dengan digitalisasi. Bhima mengemukakan, dengan digitalisasi, para UMKM itu bisa menjajakan produknya dengan bebas melalui market place.

Sehingga, warga desa bisa tetap mengais rezeki tanpa harus pergi ke kota hanya untuk membuka lapak.

"Kalau mereka bisa memanfaatkan digitalisasi kan enak. Cukup jualan di market place, kirim barang, cuan datang. Jadi nggak perlu lagi pergi ke kota cuma untuk buka lapak. Ongkosnya mahal, belum tentu laris juga," ujarnya.

Namun, yang menjadi perhatian Bhima di sini adalah masalah jaringan internet di pedesaan. Katanya, hal ini menjadi tugas bagi Pemerintah Desa dan Pemerintah Pusat.

Topik Menarik