Bantu Pemudik dan Pesertanya, BPJS Kesehatan Beri Layanan di Posko Mudik Serba Gratis

Bantu Pemudik dan Pesertanya, BPJS Kesehatan Beri Layanan di Posko Mudik Serba Gratis

Ekonomi | radartegal | Kamis, 5 Mei 2022 - 13:45
share

BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan di masa arus balik Lebaran tahun ini. Ke-2 titik Posko Mudik itu disiagakan di Rest Area Banjaratma KM 260B Brebes dan Rest Area Cipali KM 164B Majalengka, mulai 4-8 Mei mendatang.

Direktur Pengawasan, Pemeriksaan, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, DR Mundiharno MSi mengatakan BPJS Kesehatan memastikan layanan Posko Mudik BPJS Kesehatan saat arus balik mudik Lebaran disiagakan untuk membantu pemudik dan pesertanya mendapatkan berbagai layanan kesehatan secara maksimal dan gratis.

Karenanya, dia memastikan kedua posko itu selalu siap, untuk membantu kelancaran pemudik melakukan perjalanan balik ke daerah semula. Sebelumnya, BPJS Kesehatan menghadirkan posko mudik di 7 titik padat pemudik.

Antara lain 5 titik posko dibuka saat arus mudik 26-1 Mei 2022 di Terminal Pulogebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sedangkan 2 titik disiapkan untuk arus balik mudik lebaran yaitu Rest Area Banjaratma KM 260B Brebes dan Rest Area Cipali KM 164B Majalengka, mulai 4-8 Mei 2022.

Kami bersyukur saat arus mudik kemarin layanan di posko berjalan lancar. Kami harapkan, kehadiran Posko Mudik untuk arus balik juga dapat dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya, kata Mundiharno, Kamis (5/5).

Di posko mudik, papar Mundiharno,pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan. Seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, ungkap Mundiharno, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Selain posko mudik, selama masa mudik lebaran tahun 2022 ini, BPJS Kesehatan juga berupaya memastikan peserta JKN-KIS tetap dapat mengakses layanan, baik yang bersifat administratif maupun layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Pada 29 Aprildan 4-6 Mei, seluruh Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan tetap buka untuk melayani peserta JKN-KIS, ujar Mundiharno.

Selain Kantor Cabang, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165. PANDAWA siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas).

Sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili KTP atau domisili peserta saat ini. Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA).

Sementara dari sisi layanan kesehatan, peserta JKN-KIS yang berada di luar wilayah domisilinya, bisa memperoleh pelayanan kesehatan di Puskesmas, klinik pratama, dokter praktik, atau RS D Pratama yang membuka pelayanan kesehatan pada waktu tersebut, meski tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Selain itu, pada kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan (baik yang sudah bekerja sama maupun yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS.

Adapun mekanisme penjaminan dan prosedur pelayanan pasien gawat darurat peserta JKN-KIS mengacu pada ketentuan yang berlaku. Kami harapkan berbagai kebijakan pelayanan bagi peserta JKN-KIS di masa libur lebaran ini dapat bermanfaat dan memberikan kemudahan peserta dalam mengakses layanan kesehatan."

"Kami jajaran Direksi dan seluruh Duta BPJS Kesehatan juga turut mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga makna kebaikan Idul Fitri senantiasa memberkahi dan BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, ucap Mundiharno.

Wakil Bupati Brebes, Narjo mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan jajaran direksi BPJS Kesehatan membuka poso mudik di Rest Area Banjaratma. Menurutnya, bekas pabrik gula yang dijadikan rest area itu mempunyai nilai sejarah dan heritage yang tinggi.

Karenanya diharapkan pemudik yang berkesempatan singgah ke Rest Area Banjaratma, selain bisa ke posko mudik juga bisa berbelanja oleh-oleh lokal seperti telor asin dan bawang merah. "Dengan dukungan BPJS Kesehatan, semoga warga di Kabupaten Brebes bisa meningkat derajat kesehatannya. Karena daerah kami salah satu wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah."

Pada kesempatan peninjauan langsung pelayanan posko kesehatan, Mundiharno dan Narjo berkesempatan berbincang-bincang dengan Keluarga Sudirno. Mereka sedang beristirahat dengan memanfaatkan berbagai fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan, setelah menempuh perjalanan dari Bekasi, Jawa Barat.

Mereka akan balik menuju ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (zul/rtc)

Topik Menarik