Balas Putin, Uni Eropa Segera Larang Impor Minyak Rusia

Balas Putin, Uni Eropa Segera Larang Impor Minyak Rusia

Ekonomi | okezone | Kamis, 5 Mei 2022 - 10:04
share

JAKARTA - Uni Eropa menyiapkan sanksi paling keras terhadap Rusia dengan melarang total impor minyak dan sanksi atas dugaan kejahatan perang.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, langkah ditujukan untuk memaksimalkan tekanan terhadap Rusia dan meminimalkan dampak buruk terhadap Eropa. Minyak mentah Rusia akan dihapus dalam waktu enam bulan.

Langkah Uni Eropa ini diumumkan setelah akhir bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara manapun yang mencoba mengintervensi perang di Ukraina akan menghadapi balasan secepat kilat.

"Kami memiliki semua peralatan yang tidak dibanggakan oleh siapapun. Kami akan menggunakannya jika diperlukan," kata Putin, dikutip dari BBC Indonesia, Kamis (5/5/2022).

Pemimpin Rusia itu menambahkan, semua keputusan terkait balasan seperti apa yang akan mereka lakukan, sudah dibuat. Tapi, dia tidak memberikan rinciannya.

Ancaman Putin muncul setelah para sekutu Ukraina meningkatkan pasokan bantuan senjata, bahkan AS berjanji untuk memastikan Ukraina akan mengalahkan Rusia.

Atas sikap Putin tersebut, Uni Eropa menyiapkan sanksi baru terhadap pejabat militer Rusia yang terlibat dalam dugaan kejahatan perang di Bucha dan Mariupol.

"Langkah ini merupakan pesan penting ke semua pelaku dalam perang Kremlin. Kami tahu, siapa Anda, dan Anda harus bertanggung jawab," kata von der Leyen di depan Parlemen Eropa.

Topik Menarik