Ini 3 Negara Mayoritas Muslim Termiskin di Dunia

Ini 3 Negara Mayoritas Muslim Termiskin di Dunia

Ekonomi | inewsid | Rabu, 4 Mei 2022 - 22:08
share

JAKARTA, iNews.id - Beberapa negara memiliki masyarakat yang mayoritasnya beragama Islam. Namun seperti yang diketahui, penyebaran muslim terbilang tidak merata di dunia, sehingga beberapa negara mayoritas muslim memiliki kondisi yang berbeda, baik secara geografis maupun secara demografis.

Dikutip dari berbagai sumber oleh MNC Portal Indonesia , terdapat beberapa negara mayoritas penduduknya muslim yang tergolong sangat miskin. Hal ini dinilai dari produk domestik bruto (PDB) masing-masing negara. Tiga negara tersebut di antaranya:

1. Yaman
Dari total jumlah penduduk sebanyak 30.984.689, mayoritas atau 99,1 persen penduduk Yaman adalah muslim. Yaman sedang menghadapi beragam tantangan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, salah satunya perang saudara.

Efek dari perang saudara sangat amat merugikan seperti menghentikan aktivitas ekspor, menekan nilai tukar mata uang, mempercepat inflasi, serta kerusakan infrastruktur yang meluas. Konflik tersebut juga menciptakan krisis kemanusiaan yang parah sehingga lebih dari tujuh juta orang berisiko kelaparan dan lebih dari 80 persen populasi membutuhkan bantuan kemanusiaan.

PHK besar-besaran juga terjadi akibat dari sektor swasta yang mengalami kebangkrutan. Bank sentral juga tidak bisa sepenuhnya mendukung impor barang-barang penting.

Yaman juga tercatat sebagai negara berpenghasilan rendah dengan PDB sebesar 758,1 dolar AS atau Rp10,93 juta.

2. Sierra Leone
Negara yang berbatasan dengan Guinea di sebelah utara, Liberia di tenggara, dan Samudera Atlantik di barat daya ini memiliki total populasi sebanyak 8.692.606 jiwa dengan 77,1 persen di antaranya beragama Islam.

Meskipun memiliki sumber daya mineral, pertanian, dan perikanan yang substansial, Sierra Leone masih belum pulih dari perang saudara yang menghancurkan sebagian besar institusi. Hampir dua dekade setelah perang berakhir, Sierra Leone masih berjuang memulihkan ekonomi mereka.

Sierra Leone mencatat PDB per kapita sebesar 509,3 dolar AS atau Rp7,34 juta (asumsi kurs Rp14.422 per dolar AS) pada 2020. Negara ini sangat miskin dan hampir dari setengah penduduk usia kerja terlibat dalam pertanian subsisten.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi negara itu didorong oleh sektor pertambangan. Ekspor utama Sierra Leone adalah bijih besi, berlian, dan rutile. Meski demikian, harga keekonomian dari komoditas masih saja rentan terhadap naik turunnya harga internasional.

3. Niger
PBB menempatkan Niger sebagai negara terbelakang kedua di dunia pada 2016 karena berbagai faktor, seperti kerawanan pangan, kurangnya industri, pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan sektor pendidikan yang lemah. Perekonomian Niger berpusat pada tanaman subsisten, ternak, dan beberapa deposit uranium terbesar di dunia.

Negara ini memiliki populasi 24.484.587 jiwa dengan 99,3 persen di antaranya muslim. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkontrol juga membuat ekonomi negara Niger semakin sulit.

Topik Menarik