OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi | okezone | Kamis, 28 April 2022 - 10:22
share

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat stabilitas sektor jasa keuangan hingga kuartal I 2022 tetap terjaga dan bertumbuh seiring peningkatan fungsi intermediasi di sektor perbankan dan IKNB serta menguatnya pasar domestik.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengatakan, kondisi stabilitas itu bersama terkendalinya pandemi yang meningkatkan aktivitas sosial ekonomi masyarakat telah mendorong pertumbuhan perekonomian nasional meskipun terdapat peningkatan tensi geopolitik di Eropa dan normalisasi kebijakan moneter global.

Namun demikian, OJK menilai transmisi dari beberapa sentimen negatif tersebut terhadap perekonomian domestik melalui jalur sektor keuangan, sektor perdagangan, dan harga komoditas relatif masih terkendali.

"Indikator perekonomian domestik terus menunjukkan pemulihan sejalan penurunan jumlah kasus Covid-19 serta vaksinasi dan pergerakan prokes yang terus berjalan menjelang mudik lebaran," ungkap Anto dalam keterangan resmi, Kamis (28/4/2022).

Dimulai dari pasar saham Indonesia masih menguat sampai dengan 22 April 2022, terpantau IHSG telah menguat 2,2 persen mtd dan kembali mencatatkan all time high pada level 7.276,19. Penguatan ini juga diikuti dengan net buy non residen di pasar saham dengan nilai mencapai Rp14,73 triliun mtd.

Sementara itu, di pasar SBN, non residen mencatatkan outflow sebesar Rp5,74 triliun sehingga turut mendorong peningkatan rerata yield 14,5 bps.

Topik Menarik