BREAKING NEWS: Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Meroket Hingga Rp 9,6 Juta

BREAKING NEWS: Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Meroket Hingga Rp 9,6 Juta

Ekonomi | acehsatu.com | Rabu, 27 April 2022 - 10:52
share

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH Harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh mencapai Rp 9,6 juta selama mudik. Harga tiket itu tertera di dalam sejumlah situs penjualan tiket.

Sumber dari situs Traveloka, Rabu (27/4/2022), disebutkan, harga tiket pesawat dari Banda Aceh tujuan Banda Aceh pada Kamis-Jumat (28-29/4) mencapai Rp 9,6 juta.

Penerbangan di tanggal itu tidak langsung ke Aceh tetapi transit dulu di Bandara Kualanamu, di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Pada tanggal tersebut, hanya tersedia tiket penerbangan Batik Air dari Jakarta tujuan Medan. Setelah transit di Medan, penumpang kemudian terbang ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Jadwal penerbangan dari Jakarta mulai pukul 06.00 WIB pagi dan tiba di Aceh sekitar pukul 11.00 WIB. Pilihan selanjutnya berangkat dari Jakarta pukul 06.00 WIB dan tiba di Tanah Rencong sekitar pukul 15.30 WIB.

Harga tiket untuk penerbangan tersebut adalah 9.698.700 per penumpang. Itu harga tiket untuk kelas ekonomi.

Untuk penerbangan pada Sabtu (30/4), tiket pesawat Jakarta-Aceh paling murah Rp6,7 juta serta paling mahal Rp9,6 juta. Pada Minggu (1/5) harga tiket pesawat Rp 3,3 juta hingga Rp 6,7 juta.

Sementara dari situstiket.com, harga tiket pesawat Jakarta-Aceh di juga tidak ada perbedaan.

Melansir detikSumut yang mengkonfirmasi perihal mahalnya tiket Jakarta-Aceh ke Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro. Namun hingga belum mendapatkan jawaban.

Masalah mahalnya tiket pesawat pernah disinggung anggota DPR Aceh Darwati A Gani dalam rapat paripurna yang digelar di DPR Aceh, Selasa (12/4) malam.

Dalam apat dipimpin Pelaksana Tugas Ketua DPR Aceh Safaruddin serta dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan sejumlah anggota dewan, Darwati mengeluhkan mahalnya tiket pesawat ke Aceh.

"Masyarakat sangat merasa tidak nyaman dengan biaya transportasi dari Aceh ke Medan maupun dari Medan ke Aceh. Biaya terlalu tinggi sampai Rp 1,4 juta sekali terbang," kata Darwati mengawali interupsinya.

Politikus Partai Nanggroe Aceh itu membandingkan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Medan hanya Rp 800 ribu. Selain itu, harga tiket untuk penerbangan dari Jakarta ke Makassar sekitar Rp 1,2 juta.

"Tapi dari Medan-Banda Aceh Rp1,4 juta itu pun seperti apa namanya ya kita harus naik dengan pesawat yang tidak nyaman sama sekali bahkan sering kita kepanasan," jelas Darwati.

Darwati meminta Nova menyurati Menteri Perhubungan dan pihak terkait untuk persoalan tersebut.

"Mungkin pada kesempatan kali ini saya berharap pak gubernur bisa menyurati Menhub untuk meminta agar biaya transportasi dari Medan ke Aceh itu bisa dipertimbangkan kembali," ujar Darwati. (*)

Topik Menarik