Bingung Cara Kelola Uang THR? Simak 5 Tips Cermat Manfaatkan THR Ala Tokopedia

Bingung Cara Kelola Uang THR? Simak 5 Tips Cermat Manfaatkan THR Ala Tokopedia

Ekonomi | wartaekonomi | Rabu, 27 April 2022 - 17:25
share

Antusiasme masyarakat dalam belanja online terus meningkat selama awal Ramadan. Terlebih, sebentar lagi momen Idulfitri akan tiba yang identik dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Mengingat hal itu, Tokopedia membagikan 5 tips agarmasyarakat dapat memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan cermat.

1. Bayar Zakat

Tokopedia mencatatzakat, donasi, dan wakafyang dibayarkan masyarakat melalui Tokopedia pada Ramadan tahun lalu mencapai Rp13 miliar. Sebagai respons dari hal tersebut, Tokopedia menghadirkan Kotak Amal Tokopedia pada Ramadan tahun ini.

"Masyarakat bisa membayar fidyah, zakat maal, zakat fitrah maupun wakaf lewat halaman tersebut," kata Yudhiaji Kusuma, VP of Marketplace Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

2. Beli Kebutuhan Lebaran

Lebaran cenderung identik dengan membeli pakaian baru. Hal ini menjadi momen yang tepat bagi UMKM fesyen lokal untuk menghadirkan berbagai produk demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya Marvey Studio, yang menyediakan beragam pilihan sepatu lokal kekinian dengan desain cantik.

Pemilik Marvey Studio, Vanya Yunisca, menjelaskan bahwa semua sepatu diproduksi oleh para pengrajin lokal. "Dalan memproduksi sepatu, kami sangat memperhatikan kesejahteraan para pengrajin. Memakai produk kami artinya juga membantu ekonomi lokal bergerak," jelas Vanya.

3. Menabung

Selain membeli berbagai kebutuhan lebaran, THR juga dapat dimanfaatkan untuk berinvestasi. "Melalui Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana masyarakat dipermudah untuk berinvestasi secara amanah dan sesuai prinsip syariah," jelas Yudhiaji.

4. Sajikan Menu Lebaran Khas Daerah

Rindu kampung halaman bisa terobati melalui makanan khas yang disajikan saat menjamu kerabat di Lebaran. Di Tokopedia Nyam, masyarakat bisa dengan mudah berbelanja berbagai produk makanan dan minuman favorit dengan berbagai promo yang menarik.

5. Pererat Jalinan Silaturahmi

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada minggu pertama Ramadan 2022 meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun sebelumnya," jelas Yudhiaji.

Melalui halaman Parsel Ramadan di Tokopedia, masyarakat dapat mempererat silaturahmi dengan saling berkirim parsel. Ada ribuan parsel yang bisa menjadi pilihan, mulai dari kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp50 ribuan dan gratis ongkos kirim lewat GoSend.

Topik Menarik