H-5 Lebaran, Berikut Daftar Harga Pangan yang Melambung Tinggi

H-5 Lebaran, Berikut Daftar Harga Pangan yang Melambung Tinggi

Ekonomi | okezone | Rabu, 27 April 2022 - 15:37
share

MALANG - Harga kebutuhan pangan melambung tinggi jelang Lebaran. Kenaikan harga pangan mulai terjadi sebelum Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Hal ini terlihat dari pemantauan di Pasar Tradisional Bunulrejo, oleh Wali Kota Malang Sutiaji dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, pada Rabu (27/4/2022). Tampak beberapa sembako dan bahan pangan seperti gula, telur, hingga cabai melonjak dengan harga bervariasi.

Menurut Sutiaji, kenaikan terjadi merata di hampir seluruh komoditi sembako yang ada, seperti telur, cabai, ikan asin, ikan laut, tepung terigu, bawang merah, daging ayam, dan minyak goreng.

"Saya sampaikan ikan asin naik, ikan laut naik, Yang kenaikannya signifikan adalah tepung terigu. Itu per kilo mengalami kenaikan hampir 20%, cabai, kemudian bawang merah," kata Sutiaji usai melakukan pemantauan di Pasar Bunulrejo, Kota Malang.

Selain komoditi tersebut, kenaikan signifikan juga terjadi pada daging ayam, telur ayam, minyak goreng, hingga ayam kampung. Pada komoditi daging ayam potong misalnya ada kenaikan sebesar Rp5.000 per kilogramnya, sedangkan kenaikan telur ayam mencapai Rp1.000 per kilogramnya.

"Gula naik sedikit, gula juga ada kenaikan tapi tidak signifikan, terus minyak goreng, dan yang naik banyak itu daging ayam, wajar. Daging ayam itu naik Rp5.000, pindah harga itu ayam kampung. Telur naik Rp1.000 per kilogram," bebernya.

Khusus untuk komoditi minyak goreng berpotensi menjadi penyumbang inflasi karena hanya yang masih tinggi. Namun ia bersyukur saat ini stok minyak goreng baik kemasan maupun curah mulai tersedia di pasaran.

"Sesungguhnya, kenaikan menjelang Ramadhan itu tidak fluktuatif itu bersyukur. Termasuk di dalamnya minyak goreng. Sementara ini yang tertinggi kenaikannya yang membawa daya ungkit inflasi itu adalah minyak goreng," ucap dia.

"Tapi ketersediaannya masih dan sudah ada, curah juga sudah ada, harganya standar, di distributor Rp 14.000, di pasar Rp 15.000, masih wajar. Untuk kemasan juga demikian," tambahnya.

Topik Menarik