Mengelola Toko Online Perlu Skill Khusus, Owner Jangan Malas Belajar

Mengelola Toko Online Perlu Skill Khusus, Owner Jangan Malas Belajar

Ekonomi | jawapos | Rabu, 20 April 2022 - 12:42
share

JawaPos.com Beberapa tahun belakangan, tren belanja online di platform E-Commerce meningkat drastis di Indonesia. Di satu sisi, dengan tren baru tersebut, pelaku bisnis bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas dan menjangkau basis konsumen baru.

Namun, di sisi lain, tingkat persaingan di platform online sangat kompetitif. Hal ini menuntut diperlukan strategi yang tepat untuk bisa mendapatkan penjualan tinggi.

Untuk bisa mengelola toko online secara maksimal, pelaku bisnis kerap menghadapi tantangan. Menurut riset yang dilakukan NeuroSensum, perusahaan riset berbasis neurosains dan kecerdasan artifisial, salah satu tantangan utama adalah di bidang edukasi dan pendampingan.

Dengan semakin canggihnya sistem E-Commerce, pelaku bisnis perlu memahami betul cara memanfaatkan masing-masing fitur agar bisa menunjang performa toko online masing-masing. Untungnya, sekarang telah tersedia banyak opsi pembelajaran yang bisa diakses secara gratis oleh para pemilik toko online.

Simak di sini lima pilihannya:

Kursus Manajemen Toko Online di ZenPro
Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill mengelola toko online adalah menggunakan layanan pendidikan Zenius. Platform ini menyediakan kursus pelatihan manajemen toko online di ZenPro, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Program Kartu Prakerja.

Kursus ini diklaim sangat cocok untuk diikuti oleh semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik yang masih pemula ataupun yang sudah berpengalaman, karena kurikulumnya terdiri dari materi teknis yang menerangkan langkah-langkah tutorial, hingga materi strategis.

Berfokus membahas manajemen toko online di tiga platform ternama, yakni Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, para peserta di kelas ini akan belajar tentang keterampilan komunikasi untuk keperluan pengembangan bisnis, layanan pelanggan, dan tools-tools digital yang bisa digunakan untuk memasarkan produk.

Pengelolaan toko online merupakan keahlian yang penting untuk dikuasai, terutama untuk pemilik bisnis, atau mereka yang ingin bekerja sebagai spesialis E-Commerce. Tidak cukup hanya dengan mendaftar dan mengunggah produk, faktanya kita juga perlu mengetahui cara mengoptimalisasi penjualan, memanfaatkan fitur-fitur E-Commerce, menganalisa data penjualan, hingga memasang iklan dengan efektif, ungkap Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro).

Pusat Edukasi Seller E-commerce
Hampir semua platform E-Commerce telah memiliki pusat edukasi bagi para seller terdaftar. Di kanal ini, para seller bisa mendapatkan informasi lengkap tentang fitur-fitur baru, tren-tren yang sedang berkembang, dan seller pun bisa mengikuti beragam webinar yang diadakan oleh e-commerce, semuanya secara gratis.

Komunitas Seller E-commerce
Terkadang, dalam mengelola toko online di E-Commerce, seller mengalami kesulitan teknis, misalnya tidak bisa mengikuti promo tertentu, atau mengatur kurir pengiriman. Untuk mengatasi hal tersebut, jangan lupa untuk bergabung di komunitas seller yang tersedia, agar bisa saling berbagi informasi dengan sesama seller.

Beberapa komunitas resmi yang ada di Indonesia misalnya: Keluarga Tokopedia, Komunitas Seller Shopee Indonesia, Lazada Club, Komunitas Blibli Seller, dan Komunitas Seller Bukalapak.

Webinar Gratis
Saat ini, ada banyak sekali webinar gratis yang bisa diikuti oleh para pemilik bisnis agar bisa belajar tentang cara mengatur toko online-nya dengan baik. Topiknya pun tidak melulu tentang teknik jualan online, tapi juga tentang aspek-aspek bisnis yang lain, seperti mengurus perpajakan, mengakses modal/pendanaan dari pihak lain, hingga cara mengatur arus kas bisnis.

Salah satu sumber informasi untuk webinar gratis ini adalah website UKM Indonesia. Didirikan oleh FEB Universitas Indonesia dan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, UKM Indonesia merangkum informasi lengkap tentang perkembangan bisnis, utamanya bagi para pelaku UMKM.

Tidak hanya webinar, website ini juga menampilkan informasi terkait program kompetisi, coaching, sertifikasi, dan pameran.

Akun Bisnis di Media Sosial
Media sosial kini telah menjadi sumber informasi terluas, termasuk untuk mempelajari tips dan trik mengelola toko online. Baik di Instagram, Tiktok, hingga Youtube, ada banyak kreator konten, brand, hingga seller sukses yang membagikan beragam pengetahuan yang akan sangat berguna untuk pengembangan bisnismu. Yuk gunakan media sosial untuk menambah wawasan!

Topik Menarik