Loading...
Loading…
Bangun Industri Baterai, RI Dapat Suntikan Dana Rp215 Triliun dari China dan Korsel

Bangun Industri Baterai, RI Dapat Suntikan Dana Rp215 Triliun dari China dan Korsel

Ekonomi | okezone | Senin, 18 April 2022 - 10:48

JAKARTA - PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) meraih investasi sebesar USD15 miliar atau setara Rp215 triliun dari 2 perusahaan asing. Pendanaan ini digunakan untuk pembangunan kendaraan listrik di Tanah Air.

Komitmen investasi ini ditandai dengan penandatanganan framework agreement antara PT Aneka Tambang Tbk, selaku anggota IBC dengan PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co. Ltd. (CBL), perusahaan asal China.

Inisiatif proyek baterai kendaraan listrik terintegrasi inipun dilakukan antara IBC, Antam dan LG Energy Solution, perusahaan asal Korea Selatan (Korsel).

"Perkiraan total nilai investasi dari kedua mitra ini mencapai sebesar USD15 miliar atau setara dengan Rp215 triliun," ujar Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Senin (18/4/2022).

Pahala mencatat pengembangan proyek ini merupakan salah satu inisiatif strategis di lingkungan Kementerian BUMN untuk kegiatan hilirisasi. Menurutnya, pengembangan ekosistem EV Battery ini memungkinkan Indonesia masuk dalam global supply chain atau rantai pasok industri baterai.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{