Gurih dan Bikin Nagih, Cobain Ayam Goreng Lengkuas Legendaris di Kota Serang Ini

Gurih dan Bikin Nagih, Cobain Ayam Goreng Lengkuas Legendaris di Kota Serang Ini

Ekonomi | bantennews.co.id | Sabtu, 16 April 2022 - 19:05
share

SERANG Ayam goreng merupakan salah satu menu favorit sehari-hari untuk keluarga. Selain menambah selera makan, ayam goreng merupakan kaya akan nutrisi dan bergizi. Kali ini ada salah satu pedagang ayam goreng lengkuas yang cukup melegenda dan laris diburu para pelangganya di Kota Serang. Para pecinta kuliner ayam goreng harus mencobanya. Bisa jadi ayam goreng lengkuas ini jadi pilhan favorit untuk berbuka puasa atau menu sahur di momen ramadan tahun ini.

Konon menurut pelanggannya, ayam goreng yang terletak di Pasar Lama Kota Serang tersebut selalu bikin ketagihan dan menambah selera makan. Namanya Ayam Goreng Lengkuas Mang Ewok. Ia cukup terkenal di kalangan para pecinta ayam goreng. Karena sudah puluhan tahun bertahan menjual ayam goreng di Pasar Lama. Tak heran hampir setiap hari para pelanggannya datang membeli sebagai menu buka puasa atau stok untuk menemani makan sahur.

Dewi, salah seorang pelanggan ayam goreng lengkuas Mang Ewok mengatakan ia selalu ketagihan dengan ayam goreng Mang Ewok. Selain rasanya gurih, harganya juga terjangkau. Hampir setiap hari ia membeli sebagai menu buka puasa dan sahur untuk keluarga. Ayam goreng ini rasa nya enak dan gurih, bumbu lengkuas nya berasa banget berbeda dengan ayam goreng lain yang terkadang rasa nya hambar, ujarnya, Sabtu (16/4/2022).

Pedagang ayam goreng lengkuas Mang Ewok, Oman Supriyadi, mengatakan ia sudah hampir 20 tahun menjual ayam goreng di Pasar Lama. Warung nya buka setiap hari kecuali hari Jumat. Dalam sehari ia dapat mengantongi uang sebesar 3 hingga 4 juta rupiah.

Menurutnya harga ayam goreng miliknya terjangkau yakni ayam kampung Rp16 ribu per potong dan ayam negeri Rp15 ribu. Sementara jika beli satu ekor ayam goreng kampung harganya Rp60 ribu. Selain ayam goreng, bebek goreng juga ada, harganya Rp100 ribu per potong. Kemudian ada ati ampela goreng harganya Rp3000 per tusuk.

Tidak ada bumbu rahasia dalam ayam goreng ini. Bumbu nya cukup memakai lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah dan santan. Dan pembeli biasanya bilang, selain ayamnya gurih, bumbu lengkuasnya sangat kuat, ujarnya. (Dhe/Red)

Topik Menarik