Investor Pasar Modal Tembus 8,3 juta Orang, 80 Persen Didominasi Gen Z dan Milenial

Investor Pasar Modal Tembus 8,3 juta Orang, 80 Persen Didominasi Gen Z dan Milenial

Ekonomi | sindonews | Kamis, 14 April 2022 - 14:15
share

JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat bahwa jumlah investor pasar modal Indonesia telah menembus 8,3 juta atau meningkat 12,13% dari posisi akhir tahun 2021 lalu. Data per akhir Maret juga menunjukkan bahwa investor gen Z memilih berinvestasi di saham industri keuangan.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan tersebut adalah kemudahan bagi investor pasar modal dalam melakukan pembukaan rekening secara online.

"Ini merupakan inisiatif dari KSEI melalui simplifikasi pembukaan rekening yang sudah terimplementasi efektif sejak tahun 2019. Hingga saat ini, total 34 perusahaan efek yang dapat melakukan pembukaan rekening secara online," ujar Uriep, Kamis (14/4/2022).

Pasar saham Indonesia masih didominasi oleh investor lokal dari generasi milenial dan generasi Z yang mencapai sekitar 80%. Saham-saham di sektor keuangan merupakan saham yang paling diminati oleh investor muda ini disusul kemudian sektor infrastruktur.

Sektor industri berikutnya yang menjadi incaran para investor muda adalah saham-saham consumer goods, baik cyclicals (barang konsumen primer) maupun non-cyclicals (barang konsumen non-primer), dan basic materials.

"Anak muda semakin cerdas dalam menentukan investasinya, termasuk investasi pasar modal. Sektor industri yang sahamnya banyak dimiliki oleh anak muda rata-rata memiliki nilai kapitalisasi yang besar, sehingga faktor fundamental menjadi pertimbangan anak muda dalam menentukan saham pilihannya," imbuh Uriep.

Topik Menarik