Ini Produk UMKM Sulsel yang Dipasarkan Secara Global, Salah Satunya Kopi Malino

Ini Produk UMKM Sulsel yang Dipasarkan Secara Global, Salah Satunya Kopi Malino

Ekonomi | bukamatanews | Rabu, 13 April 2022 - 22:46
share

BUKAMATA Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Sulsel berhasil membawa produk UMKM kebanggaan Sulawesi Selatan ke pasar internasional.

Produk tersebut diantaranya Kopi Malino, Bumbu Siap Masak, Sambal Tuna dan Abon Tuna

Ketua BPD Hipmi Sulsel, Andi Rahmat saat dihubungi, mengatakan, keberhasilan produk UMKM Sulawesi Selatan menembus pasar internasional dilandasi karena beberapa hal. Selain citarasa, kemasan juga menjadi penunjang produk agar layak menjajaki pasar global.

"Kami terus mengedukasi dan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM Sulsel agar bisa naik kelas, bersaing dan go internasional,"kata Andi Rahmat, Rabu (13/4/2022).

Sebelumnya, melalui akun media sosial, Andi Rahmat membagikan ceritanya bersama Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H Maming yang juga merupakan inisiator kegiatan \'bisnis matching\' antara UMKM HIPMI dengan Singapura.

Dalam video yang diunggah di instagram story itu, Andi Rahmat tampak memerkan sejumlah produk UMKM yang siap dipasarkan di Supermarket terbesar Singapura.

Tak lupa pula, Mardani H Maming turut mempromosikan produk UMKM Sulsel. Ia berharap agar produk tersebut bisa menjajaki seluruh pasar global.

Sementara itu, melalui akun instagram pribadinya, Mardani H Mamming mengungkapkan salah satu caranya agar ekspor tidak lagi didominasi komoditas primer, tetapi komoditas produksi industri bernilai tambah dalah kolaborasi dengan pemain luar.

"Saya bersyukur HIPMI telah memiliki serangkaian program yang mendukung kadernya menjangkau pasar luar negeri, seperti hadirnya HIPMI Business Matching serta Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang banyak mempertemukan penjual dan pembeli dari tiap-tiap negara,"ungkapnya.

Diketahui, Hao Mart adalah salah satu supermaket terbesar di Singapura yang telah memiliki 50 cabang. Saat ini, Hipmi menggandeng Hao Mart untuk memasarkan produk-produk unggulan UMKM Indonesia.

Topik Menarik