Perekonomian Indikasikan Tren Positif sejak Januari

Perekonomian Indikasikan Tren Positif sejak Januari

Ekonomi | koran-jakarta.com | Selasa, 5 April 2022 - 09:57
share

JAKARTA - Pemerintah mengklaim pemulihan ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif sejak akhir Januari 2022, karena terkendalinya varian Omicron. Karenanya, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 akan lebih baik dibanding kuartal sebelumnya.

"Meski sempat menurun, tetapi pemulihan ekonomi Indonesia dapat bangkit dengan cepat dan menunjukkan tren yang sangat positif sejak akhir Januari," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam keterangan pers seusai Rapat Terbatas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden RI, Jakarta, Senin (4/4).

Dia mengatakan terkendalinya varian Omicron menyebabkan pemulihan ekonomi mampu dijaga dengan baik. Hal ini, kata Luhut, terlihat dari indeks belanja yang kembali meningkat di semua wilayah, bahkan Bali dan Nusa Tenggara mencapai tingkat tertinggi sejak pandemi melanda.

Dia menyampaikan kondisi dan situasi pandemi Covid-19, hingga hari ini dalam kondisi yang sangat baik. Secara nasional dalam waktu kurang dari 3 bulan, kasus harian telah turun sangat tajam hingga 97 persen dari puncak kasus yang disebabkan varian Omicron.

Selain itu, kasus aktif secara nasional juga turun hingga 83 persen dari puncak kasus yang lalu, sehingga saat ini berada di bawah 100 ribu kasus aktif, serta turunnya tingkat rawat inap di rumah sakit hingga 85 persen. Jumlah orang yang meninggal dunia juga turun tajam hingga 88 persen dibandingkan puncak kasus Omicron yang lalu.

Mobilitas Meningkat

Pada kesempatan lain, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu pemulihan ekonomi meningka di berbagai sektor sehingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2022 lebih baik ketimbang periode tiga bulan sebelumnya.

"Indikator-indikator konsisten dengan asesmen kita bahwa kuartal I-2022 akan sangat baik dibanding kuartal sebelumnya," kata Febrio Kacaribu dalam Indonesia Macroeconomic Updates 2022 di Jakarta, Senin (4/4).

Febrio menuturkan salah satu indikator terjadinya pemulihan yang lebih baik pada kuartal I ini adalah mobilitas masyarakat yang terus meningkat sehingga semakin menggencarkan roda perekonomian. Google Mobility Index mencatat mobilitas masyarakat mengalami peningkatan hingga 6,7 persen pada kuartal I 2022 atau lebih baik dibanding kuartal I 2021 yang minus 6,13 persen maupun kuartal II 2021 yang minus 6,13 persen.

Kemudian leading indikator ekonomi seperti Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Februari 2022 berada di level optimis yaitu 113 sehingga mendorong aktivitas konsumsi. Retail sales index pun terus meningkat mencapai 14,5 persen pada Februari 2022 sejalan dengan optimisme dan mobilitas masyarakat.

Sementara PMI Manufaktur Indonesia naik ke 51,3 pada Maret 2022 karena sentimen bisnis naik, setelah pelonggaran restriksi di tengah tingkat ekspansi PMI Manufaktur global yang turun ke level terendah akibat tantangan global.

Topik Menarik