Pertamina Jamin Stok Pertalite di SPBU Aman

Pertamina Jamin Stok Pertalite di SPBU Aman

Ekonomi | inewsid | Senin, 4 April 2022 - 16:16
share

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina menjamin stok Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) aman. Ini menyusul adanya laporan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite setelah harga Pertamax naik.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina melakukan berbagai langkah untuk memastikan Pertalite dalam kondisi aman.

"Kami melakukan build up stock di SPBU-SPBU, lalu mengaktifkan terminal BBM hingga dini hari. Bahkan ada yang 24 jam untuk menjamin ketersediaan BBM," kata Irto kepada MNC Portal Indonesia , Senin (4/4/2022).

Dia menjelaskan, Pertamina juga memastikan Pertalite masih dijual dengan harga Rp7.650 per liter dan tidak ada kenaikan sama sekali.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Kami siapkan stok cukup di SPBU. Dan untuk harga jual juga sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Menurut data Kementerian ESDM, per 30 Maret, stok Pertalite tercatat sebanyak 1,157 kiloliter (KL), cukup untuk 15,7 hari. Kuota yang ditetapkan pemerintah untuk sebanyak 23,05 juta KL tahun ini.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, hingga Februari, realisasinya sudah mencapai 4,258 juta KL atau 18,5 persen di atas kuota secara year to date.

"Diperkirakan penyaluran Pertalite mencapai 26,5 juta KL. Di akhir 2022, atau akan overquota 15 persen," ucap Tutuka, beberapa waktu lalu.

Topik Menarik