Loading...
Loading…
Angela Tanoesoedibjo: Di Masa Pandemi, Digitalisasi Sangat Berperan Penting bagi Pelaku Usaha

Angela Tanoesoedibjo: Di Masa Pandemi, Digitalisasi Sangat Berperan Penting bagi Pelaku Usaha

Ekonomi | inewsid | Rabu, 30 Maret 2022 - 12:35

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, digitalisasi di masa pandemi Covid-19 sangat penting bagi pelaku usaha usaha.

"Peningkatan ekonomi digital di masa pandemi ini sangat berpotensi dan digitalisasi ini sangat berperan penting bagi para pelaku usaha khususnya dan UMKM," kata dia dalam sambutannya di Hipmi Digital Fest 2022 secara virtual, Rabu (30/3/2022).

Angela menuturkan, Indonesia memiliki peluang besar dalam ekonomi digital. Karena itu, harus dapat dimaksimalkan agar terus tumbuh seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kalau kita melihat data sepanjang 2021, ekonomi digital Indonesia berkembang sangat cepat. Berdasarkan riset disebutkan, ada empat perkembangan positif terkait ekonomi digital di Indonesia, ujarnya.

Pertama, terjadi peningkatan sebanyak 21 juta konsumen atau pengguna digital baru sepanjang tahun lalu. Kedua, ekonomi digital Indonesia memiliki nilai penjualan ( gross merchandise value /GMV) sebesar 70 miliar dolar AS.

Ketiga, sebanyak 28 persen pelaku usaha di Indonesia menyatakan tak akan bisa bertahan di masa pandemi jika bukan karena adanya platform digital dan e-commerce yang terus berkembang, ucapnya.

Keempat, Indonesia merupakan tujuan investasi digital terpopuler di Asia Tenggara atau ASEAN.

Maka dari itu, digitalisasi di Indonesia sangat-sangat bertumbuh sangat pesat. Saya berharap melalui Hipmi Creativeneur ini, seluruh pelaku usaha, generasi muda, ekonomi kratif bisa lebih menggandeng dan berkolaborasi, tuturnya.

Original Source

Topik Menarik

{