4 Keuntungan Investasi Jangka Pendek, Tak Butuh Modal Besar

4 Keuntungan Investasi Jangka Pendek, Tak Butuh Modal Besar

Ekonomi | inewsid | Minggu, 27 Maret 2022 - 14:17
share

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah keuntungan investasi jangka pendek. Bagi kamuterutama investor pemula yang membutuhkan dana cepat, maka pilihannya adalah investasi jangka pendek.

Investasi jangka pendek adalah investasi keuangan yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai. Banyak investai jangka pendek dijual atau dikonversi menjadi uang tunai setelah jangka waktu 3-12 bulan.

Selain itu, investasi jangka pendek ini sebagian besar digunakan untuk memarkir kelebihan dalam waktu singkat. Investasi jangka pendek sangat likuid, sehingga digunakan investor untuk memenuhi pengeluaran dalam waktu dekat.

Biasanya, dana yang diinvestasikan dikelola pada hal-hal yang mudah diperjualbelikan atau dicairkan. Karena itu, jenis investasi tersebut memiliki risiko lebih rendah dibandingkan dengan investasi jangka panjang karena memiliki tenor yang lebih pendek dan memberikan imbal hasil yang bisa diprediksi.

Beberapa contoh investasi jangka pendek, di antaranya tabungan, deposito, obligasi, reksa dana.

Keuntungan Investasi Jangka Pendek

Ada beberapa keuntungan investasi jangka pendek yang bisa kamu dapatkan, berikut ini di antaranya:

1. Fleksibilitas

Salah satu keuntungan besar dari investasi jangka pendek adalah kamu memiliki fleksibilitas pada kemudahan untuk mencairkan aset investasi menjadi uang tunai.

Artinya, kamu bisa mengambil keuntungan sebagian dari modal yang ditanamkan dalam instrumen investasi jangka pendek untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak. Kendati demikian, diperlukan proses pencarian dana dalam beberapa hari kerja.

2. Keuntungan Lebih Cepat

Keuntungan lain dari investasi jangka pendek adalah Anda bisa mendapatkan pengembalian yang substansial. Dengan jangka waktu 1 hingga 12 bulan, besar kemungkinan investasi jangka pendek menawarkan tingkat keuntungan yang lebih cepat.

Meski demikian, imbal hasil yang kamu dapat akan dipengaruhi oleh tingkat suku bunga. Namun, dengan perhitungan matang, kamu bisa mengolah kembali keuntungan yang didapat menjadi modal investasi baru, tanpa khawatir modal awal berkurang.

Mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek memudahkanmu mengalokasikan dana ke instrumen investasi jangka pendek maupun jangka panjang demi meningkatkan penghasilan.

3. Bisa Digunakan untuk Tabungan Dana Darurat

Investasi jangka pendek juga bisa menjadi alternatif tabungan dana darurat dalam pengelolaan keuangan. Dengan menyimpan dana darurat di instrumen investasi jangka pendek, kamu punya kesempatan mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai investasi berdasarkan dana khusus dialokasikan setiap bulan.

4. Tak Butuh Modal Besar

Investasi jangka pendek umumnya tidak membutuhkan modal besar, namun akan mendaptkan hasil yang lebih cepat dibandingkan investasi jangka panjang. Hasil yang lebih cepat ini bisa langsung dinikmati hanya beberapa saat setelah investasi.

Itulah sejumlah keuntungan investasi jangka pendek yang bisa kamu dapat.

Topik Menarik