Mal di DKI Beroperasi Besok, Bioskop hingga Salon Belum Boleh Buka

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 13:10
Mal di DKI Beroperasi Besok, Bioskop hingga Salon Belum Boleh Buka

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 80 pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta beroperasi besok, Senin (15/6/2020). Namun, pembukaan tersebut masih terbatas karena tak semua sektor usaha diizinkan beroperasi.

Ketua Umum Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan mengatakan, ada enam sektor usaha yang belum diperbolehkan beroperasi, yaitu bioskop, tempat olahraga ( gym ), tempat bermain anak, pijat ( massage ), karaoke, dan perawatan tubuh dan wajah (salon). Alasannya, keenam sektor itu sulit menerapkan jaga jarak ( physical distancing ).

"Saya kira nggak apa-apa untuk kesehatan bersama. Saat ini kita butuh pengalaman, kalau itu sudah baik. kita akan menuju ke tahap selanjutnya. Kalau semua sudah baik mkita akan diperluas lagi," ujarnya saat dihubungi, Minggu (14/6/2020).

Stefanus mengatakan, sebelum Pemprov DKI mengumumkan pembukaan kembali mal, APPBI sudah berkoodinasi dengan para penyewa ( tenant ) untuk menyiapkan protokol kesehatan.

"Koordinasi kita cukup baik, sebelum buka mereka sudah melakukan persiapan yang cukup baik. Dan saat ini kita terus melakukan koordinasi untuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Protokol kesehatan tersebut, kata Stefanus, di antaranya pengunjung harus menjaga jarak antrean minimal satu meter, wajib pakai masker, dan suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius. Selain itu, kapasitas lift dibatasi dan eskalator diberi tanda jarak hingga tiga langkah.

Artikel Asli