Kementerian PUPR Optimistis Pembangunan Rumah ASN di IKN Bakal Cepat Kelar

Kementerian PUPR Optimistis Pembangunan Rumah ASN di IKN Bakal Cepat Kelar

Ekonomi | sindonews | Rabu, 23 Maret 2022 - 23:05
share

BOGOR - Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah mengatakan, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara siap untuk segera dibangun. Kesiapan itu menyusul penunjukan kepala dan wakil kepala otorita oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Zainal, pembangunan IKN bakal dimulai dengan membangun infrastruktur jalan untuk mengakomodasi material bangunan masuk ke dalam proyek. Selain itu, yang juga akan dikebut penyelesaiannya adalah pengadaan air melalui pembangunan bendungan.

Selanjut pemerintah menargetkan sebelum 16 Agustus 2024 sebagian aparatur sipil negara (ASN) juga sudah berpindah kantor, yang artinya menyusul kebutuhan papan, seperti tempat tinggal.

Meski waktu yang ada kurang dari dua tahun, Zainal optimistis dapat segera merampungkan beberapa infrastruktur untuk mendukung pemindahan ibu kota pada tahap pertama. Untuk pembangunan rumah ASN sendiri, bukanlah pekerjaan yang memakan waktu lama sebab ketersediaan teknologi pembangunan saat ini bisa mempercepatnya.

"Kalau bangun perumahan, cepat. Kita bangun Risha di Semeru saja 2,5 bulan sudah 1.200 rumah. Cepatlah, banyak teknologinya sekarang," ujar, Rabu (23/3/2022).

Zainal menambahkan teknologi 3D printing akan membuat waktu pembangunan rumah di IKN Nusantara menjadi lebih cepat.

Topik Menarik