SoftBank Batal Investasi di IKN, Menko Luhut Ungkap Penyebabnya

SoftBank Batal Investasi di IKN, Menko Luhut Ungkap Penyebabnya

Ekonomi | okezone | Rabu, 16 Maret 2022 - 08:57
share

JAKARTA Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasan Softbank mundur dari investasi di Ibu Kota Negara , Kalimantan Timur.

Salah satu alasannya bahwa CEO SoftBank Masayoshi Son juga telah dinyatakan mundur dari Dewan Pengarah Pembangunan IKN hingga saham yang kini anjlok.

Pertama, bahwa pendiri sekaligus CEO Softbank Masayoshi Son tidak akan lagi menduduki posisi sebagai Dewan Pengarah Pembangunan IKN. (Posisi Masayoshi di dewan pengarah) enggak lagi," kata Menko Luhut di Grand Hyatt, Rabu (16/3/2022).

Luhut menyebutkan, sejumlah Dewan Pengarah lainnya masih tetap sama yakni Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) dan eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Menko Luhut menyebut alasan lain saham soft bank telah anjlok atau drop. Untuk saham SoftBank di bursa saham Jepang memang anjlok dalam 6 bulan terakhir. Diketahui, sahamnya ambles minus 34,81% dari 6.542 pada September lalu, kini tersisa 4.265 per lembar saham.

Kalau SoftBank itu memang dari awal sudah mundur dia sejak sahamnya drop," ujarnya.

Di sisi lain, Menko Luhut telah melobi Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz al-Saud dan masih dalam tahap pembahasan. UEA akan masuk ke proyek IKN melalui Sovereign Wealth Fund (SWF) dengan angka US$20 miliar atau setara Rp286 triliun (kurs Rp14.305 per dolar AS).

Jadi kami sedang terus pertemuan secara virtual dengan timnya Muhammad bin Salman," ujarnya.

Topik Menarik