SoftBank Resmi Mundur Sebagai Investor IKN, Luhut: Kita Sedang Cari Penggantinya

SoftBank Resmi Mundur Sebagai Investor IKN, Luhut: Kita Sedang Cari Penggantinya

Ekonomi | inewsid | Selasa, 15 Maret 2022 - 20:59
share

JAKARTA, iNews.id - SoftBank Group Corp resmi mundur sebagai investor Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Seiring dengan itu, CEO SoftBank, Masayoshi Son, juga mundur dari Dewan Pengarah Pembangunan IKN Nusantara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhur Binsar Pandjaitan, memastikan SoftBank mundur sebagai investor di proyek mercusuar di IKN baru di Kalimantan Timur.

"Jadi sekarang lagi kita cari penggantinya (SoftBank)," kata Menko Luhut, saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

SoftBank Group Corp adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Minato, Tokyo. SoftBank terutama berinvestasi pada perusahaan yang berbisnis di sektor teknologi, energi, dan keuangan.

Menko Marves mengatakan, pemerintah belum memutuskan nama baru pengganti Masayoshi. Ada peluang anggota Dewan Pengarah IKN ditunjuk dari perwakilan investor. Namun, ada kemungkinan juga tokoh yang mengisi posisi lowong tersebut dari di luar investor.

"Bisa juga (dari investor), bisa iya. Tapi bisa juga enggak," ujar Menko Luhut.

Pada 2020, Luhut mengklaim Pihak SoftBank telah menyuntik dana segar untuk pembangunan IKN mencapai USD 100 miliar.

Sebelumnya, Pemerintah telah menunjuk Masayoshi Son sebagai Ketua Dewan Pengarah IKN bersama Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ.

Kalau Soft bank memang dari awal sudah mundur, sejak sahamnya drop. Kemudian dia punya vision fund, fund-nya tidak jadi ditaruh di Saudi, tidak jadi ditaruh di Abu Dhabi, tutur Menko Luhut.

Topik Menarik