Percepat Transisi EBT, Tiga BUMN Ini Keroyokan Bangun Co-firing PLTU

Percepat Transisi EBT, Tiga BUMN Ini Keroyokan Bangun Co-firing PLTU

Ekonomi | wartaekonomi | Selasa, 1 Maret 2022 - 21:02
share

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jalin kerja sama mengejar target bauran energi baru terbarukan (EBT) dengan melalui proses co-firing pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Kerja sama ini melubatkan PT PLN (Persero), PT Sang Hyang Seri dan Perum Perhutani.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilaksanakan di Kementerian BUMN pada Selasa (1/3/2022).

Sinergi ketiga BUMN ini menjadi bukti komitmen Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 dalam mempercepat transisi energi hijau dan mendukung pencapaian target net zero emission pada 2060.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansyuri, mengapresiasi sinergi ketiga BUMN dalam meningkatkan bauran energi bersih untuk mendukung operasional pembangkit PLN.

"Khusus bentuk kerja sama antara PLN dengan Perhutani sudah menjadi sebuah kerja sama untuk melakukan supply agreement , dan pada saat ini akan dimanfaatkan di dua pembangkit dengan total penyediaan sebesar 25ribu ton untuk biomassa pada tahap awal. Harapan kita nanti ke depannya, biomassa bisa menyediakan sampai 10 juta Ton dan ini kita harapkan bisa dilakukan dalam 5 sampai 7 tahun mendatang, ujar Pahala, dalam keterangan tertulis,Selasa (1/3/2022).

Pahala mengatakan, sinergi tiga BUMN ini merupakan percontohan yang harapannya di kemudian hari bisa mendorong semua pihak bisa saling bekerja sama dalam mencapai target pengurangan emisi karbon.

Menurutnya, kerja sama ini bisa memberikan sisi positif bagi ketiga BUMN dari sisi reveneu . Selama ini sekam padi milik SHS menjadi waste , dengan adanya pemanfaatan sekam padi menjadi produk cofiring maka bisa menambah pendapatan perusahaan.

"Begitu pula di Perhutani, dengan kerja sama ini memperluas bidang Perhutani dalam pengelolaan hutan dan bisa meningkatkan pendapatan. Sedangkan dari sisi PLN juga bisa mengantongi penghematan dari sisi pengadaan bahan baku PLTU melalui program ini," ujarnya.

Baca Juga: PLN Siap Support Listrik Hijau Ke 3 KEK di Sulawesi

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan telah mencanangkan program transformasi dalam rangka peningkatan bauran EBT. Salah satunya melalui program cofiring PLTU dengan mengurangi penggunaan batu bara dan mengganti sebagian kebutuhan bahan bakar pembangkit dengan biomassa.

" Cofiring pada PLTU merupakan salah satu upaya PLN untuk mendukung capaian target EBT sebesar 23 persen dalam bauran energi pada 2025 dan net zero emission pada tahun 2060," ujar Darmawan.

Darmawan mengungkapkan, kebutuhan biomassa cofiring untuk seluruh PLTU sebesar 10,2 juta ton per tahun pada 2025 dan tahun-tahun selanjutnya. Pemenuhan kebutuhan biomassa bisa berasal dari limbah seperti pelet sekam padi sebagai produk dari Sang Hyang Seri maupun jenis tanaman energi yang akan dipasok oleh Perhutani.

Dengan dijalinnya kerja sama dapat mensukseskan program cofiring , utamanya dari sisi penyediaan biomassa dapat berjalan terus secara berkesinambungan dan industri biomassa berkembang di masa depan.

Lanjutnya, dengan partisipasi dari Sang Hyang Seri maupun Perhutani berupa penambahan volume dan areal pasokan untuk kebutuhan cofiring PLTU PLN, di mana PLN selaku pemilik PLTU dalam hal ini siap menerima pasokan biomassa yang disediakan sesama BUMN.

Direktur Utama SHS Maryono berharap dukungan dari pihak pemerintah untuk kesuksesan program cofiring ini terutama dari sisi kebijakan dan regulasi terkait penyediaan biomassa.

Sumber energi biomassa yang berasal dari sekam padi berupa pelet sekam yang akan menjadi sumber bahan bakar sangat besar potensinya di mana jumlahnya terus meningkat sejalan dengan peningkatan program pemerintah dalam produksi pertanian.

"Untuk itu, PT SHS berkomitmen untuk mendukung program energi baru terbarukan melalui pengembangan industri pelet sekam, karena SHS sendiri memiliki 14 pabrik beras yang tersebar hampir di seluruh Indonesia" papar dia.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro menjelaskan, pasar energi merupakan terobosan pasar baru dalam bisnis kehutanan dan kepastian pasokan dalam jangka panjang merupakan faktor yang krusial dalam melayani pasar energi.

Sampai tahun 2021 telah dilakukan pengembangan hutan tanaman energi seluas 31.136 Ha yang tersebar di 15 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani. Perhutani berkomitmen untuk mengembangkan industri biomassa yang kompetitif dan sustainable untuk mendukung pengembangan energi baru terbarukan dan memenuhi komitmen penurunan emisi karbon.

"Perhutani akan melanjutkan pembangunan hutan tanaman energi sesuai RJPP, membangung industri biomassa, melakukan sertifikasi pengelolaan hutan lestari dan industri pengolahan (skema PHPL dan FSC), untuk memastikan sustainability pasokan biomassa dalam jangka panjang," ujarnya.

Topik Menarik