PMI Manufaktur Februari Melambat Imbas Omicron

PMI Manufaktur Februari Melambat Imbas Omicron

Ekonomi | okezone | Selasa, 1 Maret 2022 - 19:08
share

JAKARTA - PMI Manufaktur Februari 2022 melambat dibanding Januari yaitu dari 53,7 ke 51,2. Kendati demikian, industri Indonesia masih berdaya tahan di tengah merebaknya varian Omicron.

Meski sedikit melambat dibanding Januari yang 53,7 namun aktivitas produksi sektor manufaktur tetap mencatatkan ekspansi di tengah gelombang Omicron, kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu, Selasa (1/3/2022).

Menurut Febrio, kinerja produksi sektor manufaktur Indonesia yang tercermin pada PMI Manufaktur Februari 2022 sebesar 51,2 masih konsisten pada zona ekspansi dalam enam bulan terakhir.

Dia mengatakan indeks PMI yang masih berada di zona ekspansif ini mencerminkan dampak penyebaran Omicron relatif terbatas pada ekonomi Indonesia khususnya di sektor industri dibandingkan gelombang Delta sebelumnya.

Dirinya menuturkan Juli 2021 yang merupakan puncak penyebaran varian Delta mengakibatkan sektor industri terpukul dengan PMI Manufaktur menyentuh level kontraktif di angka 40.

Sementara pada Februari 2022 yang merupakan puncak penyebaran Omicron tidak terlalu berpengaruh kepada sektor industri Indonesia sehingga masih tetap bertahan di level ekspansif.

Febrio menjelaskan sejauh ini aktivitas pembelian bahan baku atau barang modal tetap kuat di tengah masa penyebaran varian Omicron. Selain itu, tingkat penyerapan tenaga kerja juga terindikasi semakin cepat seiring dengan kebutuhan dunia usaha untuk berproduksi.

Topik Menarik