Jokowi Ajak Digital Talent yang Bekerja di Luar Negeri Pulang ke Indonesia

Jokowi Ajak Digital Talent yang Bekerja di Luar Negeri Pulang ke Indonesia

Ekonomi | inewsid | Selasa, 1 Maret 2022 - 13:24
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak SDM digital talent yang bekerja di luar negeri untuk pulang ke Indonesia.

Jokowi bahkan menantang para tanlent digital untuk membangun sistem digital Indonesia yang lebih baik, guna mendukung ekosistem digital di berbagai sektor.

"Ekonomi yang kondusif harus kita bangun bersama-sama, dan digital talent yang kita miliki, yang ada di luar, memang harus kita undang kembali ke Tanah Air," kata Jokowi, saat meresmikan Sea Labs Indonesia secara daring, Selasa (1/3/2022).

Menurut dia, Indonesia sangat membutuhkan digital talent baik di bidang AI (artificial intelligent), cloud computing, digital design, digital marketing, maupun blockchain.

"Saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air, dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik," ujar Jokowi.

Dia mengungkapkan, ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang besar. Dan diperkirakan pada 2025 potensi ekonomi digital Indonesia mencapai 146 Miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp2.082 Triliun.

Selain itu, lanjutnya, kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik 8 kali di tahun 2030 yaitu di angka Rp 4531 triliun. Amngka tersebut sangat besar sekali dan seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di Tahun 2021.

Jokowi menerima informasi dari Sea Labs Indonesia bahwa pada 2023 diperkirakan ada 1.000 orang SDM bertalenta digital yang bisa kembali ke Indonesia. Dirinya pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas hal tersebut.

"Saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Sea Labs Indonesia yang sudah banyak mengundang digital talent kita untuk kembali ke tanah air," tutur Jokowi.

Topik Menarik