Diinvasi Rusia, Ukraina Kirim Surat ke 8 Bursa Aset Kripto

Diinvasi Rusia, Ukraina Kirim Surat ke 8 Bursa Aset Kripto

Ekonomi | genpi.co | Selasa, 1 Maret 2022 - 09:08
share

GenPI.co - Konflik Rusia dan Ukraina membuat gejolak di pasar keuangan. Namun, di pasar aset kripto banyak hal unik telah terjadi.

Dilansir dari Coindesk, Selasa (1/3), Kementerian Transformasi Digital Ukraina mengirim surat resmi ke delapan bursa aset kripto.

Ukraina meminta mereka untuk berhenti melayani pengguna Rusia karena kekhawatiran bahwa mata uang digital digunakan untuk menghindari sanksi.

Ukraina mengirimkan surat tersebut ke Coinbase, Binance, Huobi, KuCoin, Bybit, Gate.io, Whitebit dan Kuna.

Surat-surat itu dikirim setelah Mykhailo Fedorov, wakil perdana menteri Ukraina dan menteri transformasi digital, pada Minggu (27/2) malam meminta semua bursa kripto untuk memblokir alamat pengguna Rusia.

Bursa aset kripto Binance mengatakan tidak memiliki rencana untuk secara sepihak melarang pengguna Rusia dari platform tersebut.

Jika komunitas internasional memperluas sanksi tersebut lebih jauh, kami akan menerapkannya secara agresif juga, kata Binance.

Departemen Keuangan AS pada Senin (28/2) bergerak untuk menambahkan peraturan untuk menggagalkan penghindaran sanksi oleh Rusia.

Pasalnya, negara itu melanjutkan agresinya terhadap Ukraina.

Peraturan baru melarang transaksi atau transaksi yang menipu atau terstruktur untuk menghindari sanksi Amerika Serikat (AS) termasuk melalui penggunaan mata uang atau aset digital atau penggunaan aset fisik.

Seorang perwakilan dari Kementerian Transformasi Digital di Ukraina mengatakan surat tersebut meminta pertukaran mata uang kripto yang terdaftar untuk menghentikan dukungan untuk Rubel Rusia, spot rubel dan gateway fiat, termasuk sistem pembayaran Rusia.

Kementerian juga meminta bursa aset kripto untuk memblokir semua pelanggan Rusia.

Coinbase mengatakan tidak akan melembagakan larangan menyeluruh pada transaksi yang melibatkan alamat Rusia.

Namun, Coinbase akan memblokir akun atau transaksi yang mungkin melibatkan individu atau entitas yang terkena sanksi.

"Misi kami adalah untuk meningkatkan kebebasan ekonomi. Larangan sepihak dan total akan menghukum warga Rusia biasa," ujar Coinbase.

Video populer saat ini:

Topik Menarik