Tembakau Berperan Penting dalam Pemberdayaan Masyarakat

Tembakau Berperan Penting dalam Pemberdayaan Masyarakat

Ekonomi | wartaekonomi | Senin, 21 Februari 2022 - 11:55
share

Ketua Asosiasi Petani Tembakau (APTI) Soeseno menegaskan bahwa tembakau merupakan komoditi pertanian yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Bahkan tembakau menjadi kontributor utama pembangunan daerah, contohnya Medan lewat Tembakau Deli dan Jember melalui Tembakau Besuki Na Oogst, katanya pada diskusi Tobacco is Our Legacy, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, ia mengatakan juga dari generasi ke geneasi, tembakau menjadi sumber pendapatan yang utama yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jember.

Tak hanya itu, bahkan berkontribusi pada kinerja ekspor nasional.

Tembakau kualitas terbaik Jember, seperti tembakau kasturi, diekspor ke Jepang dan Eropa sebagai bahan baku utama cigar.

Tembakau menjadi satu-satunya harapan penopang ekonomi masyarakat Jember. Tembakau pun berhasil mengangkat derajat para perempuan menjadi sosok yang mandiri, katanya.

Industri hasil tembakau yang banyak mempekerjakan pekerja perempuan sebagai pelinting rokok sigaret kretek tangan (SKT), merupakan salah satu contoh nyata peran tembakau dalam mendorong kemandirian perempuan. Pekerja perempuan dengan latar belakang pendidikan dan perekonomian yang terbatas menjadi berdaya dengan hadirnya industri SKT.

"Tembakau membuka lapangan pekerjaan dan memandirikan para perempuan dengan latar belakang pendidikan minim, yang selama ini tidak diprioritaskan dan sulit terserap oleh industri lain. Tembakau adalah sektor industri yang menerima para perempuan tanpa melihat atau menilai ijazah, kemampuan baca dan tulis. Mereka diterima sebagai pekerja yang mandiri dan mendapatkan penghasilan cukup dengan kemampuan memilah tembakau, banyak dari mereka yang bahkan menjadi tulang punggung keluarga ujarnya.

Dengan besarnya kontribusi pertanian tembakau dan industri SKT terhadap pemberdayaan masyarakat termasuk perempuan maka sewajarnya seluruh lapisan masyarakat bersama-sama turut menjaga kebelangsungan pertanian tembakau dan industrinya. Sehingga tembakau sebagai warisan bangsa dapat terus berperan dalam kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya perempuan yang terlibat dalam rantai pasoknya.

Topik Menarik