Loading...
Loading…
Bersiap Solo Filantropi, Total Donasi Bill Gates dan Melinda Capai Rp42 Triliun dari Sejak Bercerai

Bersiap Solo Filantropi, Total Donasi Bill Gates dan Melinda Capai Rp42 Triliun dari Sejak Bercerai

Ekonomi | wartaekonomi | Selasa, 15 Februari 2022 - 10:40

Miliarder Bill Gates dan Melinda telah menyumbangkan lebih dari USD3 miliar (Rp42 triliun) melalui yayasan amal mereka meski sudah mengumumkan perceraian. Kini, mereka tengah bersiap untuk solo filantropi.

Pada Juni lalu, yayasan Bill and Melinda Gates mengumumkan komitmen USD2,1 miliar (Rp30 triliun) selama lima tahun untuk memajukan pemberdayaan ekonomi perempuan, memperkuat kesehatan perempuan dan anak perempuan dan keluarga berencana dan mempercepat kepemimpinan perempuan.

Tiga bulan kemudian, pasangan itu mengatakan mereka akan berkomitmen USD922 juta (Rp13,1 triliun) selama lima tahun untuk memastikan perempuan dan anak-anak di seluruh dunia memiliki nutrisi yang mereka butuhkan untuk hidup sehat dan produktif.

Melansir Fox Business di Jakarta, Selasa (14/2/22) baru-baru ini, yayasan tersebut mengumumkan sumbangan USD150 juta (Rp2,1 triliun) pada bulan Januari kepada Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi untuk mendukung rencana lima tahun organisasi guna lebih mempersiapkan, mencegah, dan secara adil menanggapi epidemi dan pandemi di masa depan.

Sementara Bill dan Melinda bersama-sama berkomitmen USD15 miliar (Rp214 triliun) musim panas lalu untuk mendukung upaya yayasan untuk mengatasi ketidakadilan. Baru-baru ini seorang sumber mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Melinda akan memberikan sebagian besar kekayaannya untuk usaha filantropi lainnya ke depan.

Meskipun sumber Journal mencatat bahwa dia masih dapat memberikan dana kepada yayasan tersebut, French Gates menekankan dalam surat itu bahwa dia akan mencurahkan sebagian besar waktu, energi, dan upayanya untuk memerangi kemiskinan dan memajukan kesetaraan bagi perempuan, anak perempuan, dan kelompok terpinggirkan di seluruh dunia.

"Saya pikir filantropi paling efektif ketika memprioritaskan fleksibilitas daripada ideologi, dan mengapa dalam pekerjaan saya di yayasan dan Pivotal Ventures, saya akan terus mencari mitra, ide, dan perspektif baru," French Gates menjelaskan.

Pada tahun 2019, French Gates mengumumkan komitmen USD1 miliar (Rp14,2 triliun) selama 10 tahun untuk membantu Pivotal Ventures mempromosikan kesetaraan gender.

Organisasi yang diluncurkan pada tahun 2015 ini berfokus pada peningkatan jumlah wanita yang bekerja di bidang teknologi dan mencalonkan diri untuk jabatan publik, memperkuat kebijakan cuti medis dan keluarga berbayar, mengembangkan solusi untuk pengasuh Amerika dan meningkatkan akses kaum muda ke layanan dan dukungan kesehatan mental.

Sementara Bill Gates dalam surat Giving Pledge-nya sendiri bahwa yayasan itu akan tetap menjadi prioritas filantropi utamanya di masa depan. Pemberiannya selama bertahun-tahun juga terutama ditujukan untuk mitigasi perubahan iklim dan mengatasi penyakit Alzheimer.

Bill and Melinda Gates Foundation, salah satu organisasi filantropi terbesar di dunia dengan sumbangan lebih dari USD50 miliar (Rp714 triliun). Melinda memiliki kekayaan bersih sekitar USD6,2 miliar (Rp88 triliun), sementara Bill memiliki kekayaan bersih sekitar USD133,8 miliar (Rp1.912 triliun), menurut Forbes .

Original Source

Topik Menarik