Lelang Tender Formula E Disebut Tidak Transparan, Jawaban Wagub Riza Patria Tegas

Lelang Tender Formula E Disebut Tidak Transparan, Jawaban Wagub Riza Patria Tegas

Ekonomi | wartaekonomi | Selasa, 8 Februari 2022 - 20:05
share

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria enggan bicara banyak tentang proses tender sirkuit Formula E yang dinilai tidak transparan. Dia mengatakan proses lelang menjadi tanggung jawab PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Itu sudah jadi tanggung jawab Jakpro yang ditunjuk Pemprov, silahkan dicek ke Jakpro prosesnya," kata Wagub Ariza, pada Senin (7/2/2022).

Meskipun proses tender terpaksa dilakukan ulang, namun Ariza memastikan standar operasional prosedur (SOP) lelang sudah dijalankan dengan baik.

"Kita ini kan bukan setahun dua tahun, tapi sudah belasan sampai puluhan tahun di Jakarta ini melaksanakan lelang, prosesnya, mekanismenya, SOP, aturannya, semua memang harus sesuai ketentuan yang ada," ucapnya.

PT Jakarta Propertindo mengatakan bahwa proses tender sirkuit Jakarta E-Prix 2022 telah diselesaikan. Maka dari itu, pemenang tender sirkuit Formula E tersebut sudah ditetapkan yaitu PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama (JKON) Tbk.

Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta Eprix 2022, Gunung Kartiko mengatakan bahwa pemilihan Jaya Konstruksi Manggala seiring memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi.

"Mereka memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi," ujar Gunung melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/2/2022).

Proses tender dilaksanakan selama satu minggu termasuk dengan dilakukannya klarifikasi ulang dan sejumlah proses lainnya. Gunung menjelaskan keseluruhan proses dijalankan dengan pengawasan kualitas yang ketat oleh Jakpro.

"Jakpro telah menetapkan mitra kerja terpilih pad tanggal 1 Februari 2022 dan menyambut baik kerja sama ini untuk menyukseskan pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix 2022," sahutnya.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) gagal mendapatkan sponsor dalam proyek pembuatan lintasan balapan, Ariza mengatakan masyarakat Jakarta tetap harus bersyukur lantaran Jakarta terpilih sebagai tuan rumah balapan Formula E.

"Terkait Formula E sedang diatur oleh PT Jakpro, saya kira kita tentu bersyukur dulu Jakarta mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah dan Jakpro terus menyiapkan berbagai upaya agar memastikan penyelenggaraannya tidak hanya terlaksana tapi dapat diselenggarakan dengan baik dan sukses. Mari kita dukung dan doakan bersama," katanya di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Topik Menarik