Loading...
Loading…
Terapkan Skema Bubble, AP I Sambut Kedatangan Pembalap Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022

Terapkan Skema Bubble, AP I Sambut Kedatangan Pembalap Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022

Ekonomi | sindonews | Selasa, 08 Februari 2022 - 17:50

JAKARTA - Kesibukan mulai terjadi di Bandara Internasional Lombok (BIL) jelang tes pramusim kejuaraan dunia balap motor MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada 11-13 Februari.

Para pembalap, kru, ofisial tim, beserta logistik untuk keperluan balap motor tersebut mulai berdatangan sejak Senin (7/2/2022) kemarin.

Dua penerbangan charter dari maskapai Malaysia Airlines yang tiba pada Senin sore menjadi penerbangan pertama yang tiba di Lombok.

Pesawat dengan nomor penerbangan MH8760 mendarat pada pukul 15.56 WITA dengan mengangkut 248 penumpang, disusul dengan penerbangan MH8756 yang mengangkut 235 penumpang yang mendarat pada pukul 17.57 WITA.

Senin malam, pesawat kargo dari maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8496 mendarat pada pukul 21.08 WITA. Pesawat kargo berjenis Boeing 777F yang bertolak dari Bandara Internasional Kuala Lumpur tersebut mengangkut logistik sebanyak 71.318 kg kargo.

Berlanjut siang hari ini, BIL kembali kedatangan pesawat kargo pengangkut logistik tim peserta tes pramusim MotoGP 2022, dengan mendaratnya pesawat maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8394.

Pesawat dengan tipe Boeing 747-F tersebut mendarat pada pukul 12.11 WITA dengan mengangkut 77.993 kg logistik, setelah sebelumnya berangkat dari Kuala Lumpur.

Sehubungan kondisi pandemi, PT Angkasa Pura I atau AP I selaku pengelola BIL menyambut kedatangan para pembalap dan tim dengan menerapkan skema bubble.

"Secara khusus, Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Lombok menerapkan skema bubble dalam penanganan kedatangan para pembalap dan tim untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," ujar Direktur Utama API Faik Fahmi, Selasa (8/2/2022).

Sebagai informasi, skema bubble ini diatur melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi Covid-19, yang terbit pada 3 Februari 2022.

Skema bubble dilaksanakan dengan membagi orang-orang yang terlibat ke dalam kelompok yang berbeda, dengan memisahkan orang yang berisiko terpapar Covid-19 dengan masyarakat umum.

Interaksi antar kelompok atau bubble akan dibatasi untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19. Para penumpang yang baru tiba di bandara akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan secara ketat dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Faik menjelaskan, dalam mendukung kelancaran penanganan kedatangan para pembalap, kru, dan ofisial tim peserta tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, AP I telah menyiapkan 12 jalur pemeriksaan dokumen kesehatan, 6 jalur pemeriksaan paspor, 2 conveyor belt, 4 jalur pemeriksaan bea cukai, serta moda transportasi khusus yang akan mengangkut dari bandara menuju kawasan sirkuit.

Faik menambahkan, pihaknya tengah bersiap untuk mendukung pelaksanaan seri ke-2 Grand Prix MotoGP yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret mendatang.

"Dengan tingginya antusiasme dalam ajang kejuaraan dunia balap ini, kami berfokus untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada pembalap, kru tim, ofisial, dan penonton selama berada di bandara, dengan tentunya tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat," tegasnya.

Original Source

Topik Menarik