Harga Minyak Sentuh Rekor Tertinggi Tujuh Tahun

Harga Minyak Sentuh Rekor Tertinggi Tujuh Tahun

Ekonomi | koran-jakarta.com | Minggu, 6 Februari 2022 - 15:53
share

New York - Harga minyak melonjak ke tertinggi tujuh tahun pada akhir perdagangan, Jumat (4/2) atau Sabtu (5/2) pagi WIB, memperpanjang reli mereka ke minggu ke tujuh, di tengah kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang gangguan pasokan yang dipicu oleh cuaca dingin AS dan gejolak politik yang sedang berlangsung di antara produsen utama dunia.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret bertambah 2,16 dollar AS atau 2,4 persen, menjadi menetap di 93,27 dollar AS per barel setelah sempat menyentuh level tertinggi sejak Oktober 2014 di 93,70 dollar AS per barel.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 2,04 dollar AS atau 2,3 persen, menjadi ditutup di 92,31 dollar AS per barel setelah diperdagangkan setinggi 93,17 dollar AS, tertinggi sejak September 2014.

Brent mengakhiri minggu ini dengan 3,6 persen lebih tinggi, sementara WTI membukukan kenaikan 6,3 persen dalam reli terpanjang sejak Oktober.

Lonjakan pasar dipercepat dalam dua hari terakhir karena pembeli menumpuk ke dalam kontrak minyak mentah, dipicu ekspektasi bahwa pemasok dunia akan terus kesulitan untuk memenuhi permintaan.

Harga minyak mentah, yang telah reli sekitar 20 persen sepanjang tahun ini, kemungkinan akan melampaui 100 dollar AS per barel karena permintaan global yang kuat, kata ahli strategi pasar minggu ini.

Mencerminkan pandangan bullish itu, pengelola uang menaikkan posisi beli bersih minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi dalam seminggu hingga 1 Februari sebesar 6.616 kontrak menjadi 304.013 kontrak, kata Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC).

Namun, beberapa melihat risiko reli. Citi Research mengatakan pihaknya memperkirakan pasar minyak akan berubah menjadi surplus segera setelah kuartal berikutnya, mengerem reli.

"Lonjakan menuju minyak mentah 100 dollar AS tidak boleh dikesampingkan dalam jangka pendek, tetapi risiko penurunan berlimpah, termasuk kemunduran Omicron pada permintaan, kekhawatiran pertumbuhan ekonomi dan koreksi pasar keuangan karena bank sentral memerangi inflasi," kata Bjrnar Tonhaugen, kepala pasar minya Rystad Energy.

Badai musim dingin yang membawa kondisi es di Amerika Serikat, khususnya di Texas, juga memicu kekhawatiran pasokan karena dingin yang ekstrem dapat menyebabkan produksi ditutup sementara, mirip dengan apa yang terjadi di negara bagian itu setahun lalu.

Pasokan minyak yang ketat mendorong struktur pasar enam bulan untuk WTI ke dalam kemunduran tajam 9,06 dollar AS per barel pada Jumat (4/2/2022), terluas sejak September 2013.

Topik Menarik