Loading...
Loading…
Besok Jokowi Resmikan Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba, Intip Persiapannya

Besok Jokowi Resmikan Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba, Intip Persiapannya

Ekonomi | sindonews | Selasa, 01 Februari 2022 - 11:00

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pelabuhan penyeberangan di kawasan pariwisata Danau Toba Sumatera Utara. Rencananya, peresmian infrastruktur strategis tersebut akan diresmikan besok.

"Saya mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya. Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan resmi, di Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) Kabupaten di Sumut yaitu : Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kab. Samosir (4 Pelabuhan), Kab. Simalungun (1 Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kab. Karo (1 Pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 Pelabuhan).

"Sebanyak tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan," tambahnya.

Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo).

"Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba)," urainya.

Menhub meninjau tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden yakni: Ajibata, Simanindo dan Tigaras. Serta satu pelabuhan yang masih dalam pembangunan yakni Ambarita.

"Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik

{