Fakta-Fakta Lumpur Lapindo Simpan Harta Karun Super Langka, Nomor 4 Bikin Geleng-Geleng Kepala

Fakta-Fakta Lumpur Lapindo Simpan Harta Karun Super Langka, Nomor 4 Bikin Geleng-Geleng Kepala

Ekonomi | okezone | Sabtu, 29 Januari 2022 - 07:10
share

JAKARTA - Mengungkap fakta harta karun yang tersimpan di lumpur Lapindo . Harta karun ini berupa Logam Tanah Jarang (LTJ) atau rare earth.

Unsur logam ini menambah panjang daftar harta karun energi yang ada di Tanah Air.

Apa saja faktanya? Berikut Okezone merangkumnya pada Sabtu (29/1/2022):

1. Simpan Harta Karun

Adanya logam tanah jarang alias rare earth pada lumpur lapindo lantas jadi angin segar bagi warga sekitar serta perusahaan Lapindo Brantas Inc. usai belasan tahun lamanya dihadang nestapa semburan lumpur.

Lapindo Brantas Inc. sendiri merupakan induk usaha PT Minarak Lapindo Jaya, perusahaan yang memiliki konsesi wilayah kerja di Sidoarjo, yang mana harus meminjam lebih dari Rp11 triliun untuk ganti rugi.

2. Lebih Mahal dari Emas

Kandungan LTJ ini bahkan sangat spesial dan langka hingga dihargai lebih mahal dari emas dan platina. Tak ayal logam ini disebut harta karun. Menurut Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR), Ganden Supriyanto, hal ini karena logam tersebut dapat digunakan dalam pengembangan berbagai teknologi.

Logam tanah jarang ini sangat penting kaitanya pada beberapa bidang tertentu seperti bidang meterologi untuk pembuatan pesawat luar angkasa, lampu energi tinggi dan semikonduktor. Sehingga logam tersebut sangat mahal, bahkan jauh lebih mahal dibandingkan emas, dan platina, ujar Ganden, dikutip dari laman resmi UNAIR, Jumat (28/1/2022).

Topik Menarik