Peran Kolaborasi Bank Digital dan Perusahaan Teknologi untuk UMKM

Peran Kolaborasi Bank Digital dan Perusahaan Teknologi untuk UMKM

Ekonomi | jawapos | Kamis, 27 Januari 2022 - 04:30
share

JawaPos.com Perbankan Bank syariah digital PT Bank Aladin Syariah Tbk melakukan kerjasama dengan Google Cloud Indonesia dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia, khususnya melalui peranan teknologi. Kolaborasi ini menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat merasakan manfaat jasa keuangan.

Chief Technology Officer (CTO) Bank Aladin Syariah Budi Kusmiantoro mengungkapkan, langkah strategis tersebut juga dilakukan untuk mendukung kinerja perseroan dalam menciptakan terobosan inovatif dalam layanan keuangan syariah.

Kerja sama keduanya akan mencakup dan tidak terbatas pada layanan cloud, scalable infrastructure, data analytic, dan machine learning, namun Tim internal Bank Aladin nantinya juga akan mendapatkan dukungan dan pelatihan yang kuat dari para engineer Google Cloud secara global, kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (26/1).

Dalam kesempatan yang sama, Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie menyampaikan, sebagai perbankan digital di Indonesia yang mengacu pada prinsip syariah, Bank Aladin memiliki visi dalam mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

Segmen-segmen tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, dan kami memiliki visi yang sama untuk membawa kemajuan bagi mereka melalui peranan teknologi, tuturnya.

Sedangkan, CEO Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi melalui kerjasama tersebut, harapannya dapat mewujudkan pemerataan keuangan di Indonesia, terutama melalui perbankan syariah. Ia juga memberi sinyal bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada sebuah sinkronisasi produk dari kerja sama yang dijalin.

Bank Aladin sangat terbuka dengan kemungkinan kerja sama dengan pihak lainnya di tahun 2022 ini. Sedangkan apakah untuk sinkronisasi produk atau layanan yang dihasilkan dengan kolaborasi tersebut, mari terus ikuti dan support Bank Aladin, pungkasnya.

Topik Menarik