Ninja Xpress Luncurkan Creative Hub di Malang, UKM Lokal Bisa Akses Gratis

Ninja Xpress Luncurkan Creative Hub di Malang, UKM Lokal Bisa Akses Gratis

Ekonomi | jatimtimes.com | Selasa, 25 Januari 2022 - 09:56
share

JATIMTIMES - Membantu produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Jawa Timur, khususnya di wilayah Malang Raya, Ninja Xpress hadirkan Creative Hub di Kota Malang yang dapat digunakan oleh para pelaku UKM lokal secara gratis.

Dilatar belakangi oleh banyaknya UKM lokal yang mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi melalui iklan Facebook atau Instagram, serta keinginan para pelaku UKM lokal yang menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya, Ninja Xpress menjawab tantangan tersebut melalui kehadiran Program Creative Business Solutions.

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, program ini mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk.

"Dalam membantu UKM tetap produktif di era digital, secara resmi kami membuka Creative Hub di Malang agar masyarakat Jawa Timur dapat menikmati salah satu fasilitas dari Creative Business Solutions yang kami hadirkan," ungkap Andi, Senin (24/1/2022).

Diskusi.

Dukungan ini pun juga sejalan dengan semangat baru yang diwujudkan oleh Ninja Xpress dalam sebuah slogan ataupun jargon untuk memberikan rasa kepercayaan antara UKM lokal di Jawa Timur dengan Ninja Xpress yakni "Siap Bantu Sampai Tujuan".

Creative Hub sendiri merupakan tempat bagi para pelaku bisnis UKM untuk bisa melakukan foto dan video produk secara profesional. Kemudian UKM juga bisa melakukan iklan online secara maksimal dengan bantuan dari Ninja Xpress dan Support Offline di mana UKM bisa beriklan melalui billboard atau videotron yang terletak di beberapa titik di Kota Malang.

"Yakni seperti di kawasan Jalan Kertanegara, Jalan Ijen, dan Jalan Merdeka. Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress," ujar Andi.

Lebih lanjut, Creative Hub telah dibuka sejak tahun 2020 lalu di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta. Hingga saat ini, sudah lebih dari 30.000 produk telah diambil foto produknya di Ninja Creative Hub dan lebih dari 3.000 pelaku UKM yang telah mengirimkan produknya.

Di dalam Creative Hub, pelaku UKM akan mendapatkan fasilitas sesi foto produk bersama model, Makeup Artist, kolaborasi gratis bersama para influencer, iklan pemasaran, hingga layanan manajemen konten media sosial.

Dengan semangat untuk membantu UKM dalam bersaing di dunia digital, pihaknya meyakini bahwa peluncuran Creative Hub dapat mendorong produktivitas Pelaku UKM di Jawa Timur dengan berbasis teknologi dan digital. Dalam waktu dekat Creative Hub Ninja Xpress juga akan dibuka di Surabaya dan Pekalongan.

"Kedepannya kami akan terus memperluas kehadiran Creative Hub dan menggaungkan Program Creative Business Solution ini di beberapa daerah lainnya," tutur Andi.

Peresmian.

Bagi pelaku UKM di Jawa Timur dapat memanfaatkan secara langsung berbagai program Creative Business Solutions yaitu online dan offline support termasuk Creative Hub yang berlokasi di G-Space Creative Space, Jalan Candi Ngrimbi Nomor 2, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Creative Hub Solutions Malang beroperasi Senin hingga Jumat pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur, jumlah pelaku UKM di Jawa Timur saat ini sudah menduduki posisi kedua dalam nilai kontribusinya kepada negara dengan prosentase 25,33 persen.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah pelaku UKM di Jawa Timur yang sudah memanfaatkan platform digital tercatat sebanyak 1,1 juta pelaku UKM. Di Malang, jumlah UKM yang sudah go-digital sebanyak 224 ribu pelaku UKM.

Ninja Xpress sendiri mencatatkan Shipper yang bergabung ke dalam ekosistem Ninja Xpress saat ini baru mencapai kurang dari 10.000 pelaku UKM. Hal ini menjadi salah satu semangat Ninja Xpress menghadirkan Creative Hub di Malang, untuk membantu pelaku UKM naik kelas dan lebih siap untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital.

Dalam peresmian Creative Hub Ninja Xpress di Kota Malang juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur Andrio Himawan Wahyu Aji.

Pihaknya pun mengapresiasi langkah dari Ninja Xpress dalam melakukan terobosan-terobosan untuk turut serta dalam meningkatkan produktivitas UKM lokal di Jawa Timur. "Pemerintah nggak bisa bekerja sendiri, harus berkolaborasi. Kita harus saling membantu dan berbagi," kata Andrio.

Andrio menuturkan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terus melakukan kolaborasi dengan marketplace online yang ada. Hal itu sebagai upaya untuk mendukung pemulihan perekonomian di Jawa Timur.

"Semoga bisa mendukung pemulihan perekonomian di Jatim, mari kita tebar kolaborasi untuk optimis Jatim bangkit," pungkas Andrio.

Topik Menarik