Wow! Bakal Dibangun Tol Bawah Laut yang Tersambung dengan Ibu Kota Baru

Wow! Bakal Dibangun Tol Bawah Laut yang Tersambung dengan Ibu Kota Baru

Ekonomi | inewsid | Senin, 24 Januari 2022 - 14:33
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun jalan tol bawah laut melewati teluk Balikpapan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, akomodasi untuk menyebrang sungai atau muara itu selama ini menggunakan jembatan. Namun di IKN nantinya akan dibangun tol bawah laut.

"Jadi ada semacam terowongan itu ditenggelamkan, di laut atau disungai sehingga kendaraan bisa melintas," kata dia dalam konferensi pers, Senin (24/1/2022).

Danang menjelaskan, akses tol dari Balikpapan-Samarinda yang tersambung ke IKN Nusantara akan menggunakan teknologi tol bawah laut untuk menyeberang sungai. Kendati demikian, lokasi tepat pembangunan tol bawah laut masih disiapkan.

"Jalan tol Balikpapan-Samarinda itu ada satu tempat akan menyambung ke IKN, di situlah nanti saat menyeberang sungai akan menggunakan teknologi tol bawah laut," ujarnya.

Staf Ahli Menteri PUPR bidang Teknologi, Industri & Lingkungan Endra S. Atmawidjaja menambahkan, pembangunan tol bawah laut ini untuk melindungi kawasan lindung.

"Di sana ada daerah lindungnya, jadi kita tidak mau merusak area lindungnya. Ada juga sebagian daerah rawan di situ, jadi dia lewat bawah supaya tidak merusak," ucapnya.

Endra menjelaskan, tol bawah laut juga bertujuan untuk memudahkan akses logistik agar memiliki jalan terdekat menuju proyek IKN untuk memudahkan proses pembangunan.

Topik Menarik