Berikut Daftar Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia, Kelapa Sawit hingga Udang

Berikut Daftar Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia, Kelapa Sawit hingga Udang

Ekonomi | inewsid | Jum'at, 21 Januari 2022 - 14:19
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Terdapat berbagai macam komoditas ekspor unggulan baik dari sektor migas maupun nonmigas.

Kegiatan ekspor menjadi salah satu sumber pendapatan negara, di mana barang-barang yang dijual ke luar negeri harganya disesuaikan dengan kondisi perekonomian negara yang dituju. Ekspor barang yang juga dikenakan pajak akan masuk ke kas negara.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Januari-Desember 2021 mencapai 231,54 miliar dolar AS atau setara Rp332,18 triliun. Ekspor nonmigas mengalami kenaikan 41,52 persen dengan nilai 219,27 miliar dolar AS.

Ekspor nonmigas hasil industri pengolahan pada periode tersebut naik 35,11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu dan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan. Begitu juga ekspor hasil pertanian naik 2,86 persen serta ekspor hasil tambang dan lainnya naik 92,15 persen.

Lantas apa saja komoditas ekspor dari Tanah Air? Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan komoditas ekspor unggulan Indonesia.

1. Kelapa Sawit

Indonesia dikenal sebagai raja sawit dunia karena menguasai sekitar 55 persen pangsa pasar ekspor komoditas tersebut. Kelapa sawit dan turunannya termasuk dalam golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati.

Menurut BPS, ekspor kelapa sawit merupakan salah satu yang tertinggi pada kategori ekspor nonmigas. Adapun negara tujuan komoditas ini di antaranya India, China, Malaysia, Rusia, AS, Pakistan, Singapura, Afrika Selatan, Mesir, Iran, Jerman, Spanyol, Turki, Italia, Bangladesh, Vietnam, Yordania, dan Tanzania.

2. Kopi

Dikenal dengan iklim tropis, Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan termasuk jenis robusta, arabika, dan olahan seperti kopi luwak.

Adapun beberapa negara tujuan ekspor kopi di antaranya Brasil, Spanyol, China, AS, Italia, Inggris, Turki, Argentina, India, Thailand, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, dan Jepang.

3. Batu Bara

Indonesia menempati urutan ketiga sebagai produsen batu bara terbesar, setelah China dan India. Produksi batu bara dapat mencapai lebih dari 500 juta ton per tahun.

Rendahnya permintaan batu bara domestik membuat sebagian besar atau sekitar 70 persen komoditas ini dikirim ke luar negeri. Beberapa negara tujuan ekspor batu bara, di antaranya China, India, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Bangladesh, Taiwan, dan Vietnam.

4. Tekstil dan Produk Tekstil

Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia mengalami pertumbuhan cukup pesat. Bahkan, produk tekstil Tanah Air banyak yang diekspor untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri mode dunia.

Beberapa negara tujuan ekspor TPT, di antaranya AS, Italia, Spanyol, Jerman, Inggris, Belanda, Panama, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Prancis, Arab Saudi, dan Sri Lanka.

5. Alas Kaki

Alas kaki menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan dari sektor produk industri. Berbagai macam produk alas kaki Indonesia telah dikirim ke sejumlah negara meliputi sepatu olahraga, sepatu keperluan industri, sepatu teknik lapangan, sampai alas kaki untuk keperluan harian.

Produk alas kaki Tanah Air telah diekspor ke berbagai negara, seperti Jerman, Jepang, Belgia, AS, China, Inggris, Meksiko, Italia, dan Korea Selatan.

6. Rempah-Rempah

Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempah. Bahkan saat masa penjajahan, komoditas itu menjadi buruan negara-negara di Eropa.

Indonesia diketahui menjadi negara yang masih menyuplai rempah-rempah ke berbagai negara, seperti lada, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan kunyit. Bahkan, kayu manis dari Tanah Air diketahui memiliki kualitas terbaik.

7. Udang

Dengan perairan yang luas, tidak heran jika Indonesia memiliki komoditas ekspor unggulan dari produk laut, salah satunya udang. Menurut data BPS, tahun 2020 ekspor udang dan ikan mencapai 3,5 miliar dolar AS, dan komoditas ini tidak terdampak oleh pandemi Covid-19.

Adapun beberapa negara tujuan ekspor udang Indonesia, di antaranya Korea Selatan, AS, Thailand, Inggris, Belgia, Australia, Vietnam, dan lain-lain.

Topik Menarik