Ada Jembatan Silaturahmi Rp3,2 Miliar di Jateng

Ada Jembatan Silaturahmi Rp3,2 Miliar di Jateng

Ekonomi | okezone | Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:05
share

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) telah meresmikan Jembatan Gantung Giprasang di Kelurahan Tegalmulyo, Klaten, Jawa Tengah pada Kamis 20 Januari 2022 kemarin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa, hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan.

"Terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," ujar Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, Jumat (21/1/2022).

Pembangunan Jembatan Gantung Girpasang sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter ini dikerjakan oleh PT Astadipati Duta Harindo dan Hantarmasa - Global KSO dengan nilai kontrak Rp3,2 miliar. Pembangunannya dilakukan pada Juli-Desember 2021.

Jembatan Gantung Girpasang dibangun untuk menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang yang dulu aksesnya terisolir. Dengan adanya jembatan gantung tersebut, dapat menghemat waktu tempuh yang semula 15-30 menit menjadi 3-5 menit. Selain itu juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal, ditambah dengan adanya gondola untuk alat angkut orang yang dibangun pada tahun 2021.

Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita menjelaskan bahwa sebelum ada jembatan gantung ini, akses Dusun Girpasang dilalui dengan jalan setapak naik turun jurang sedalam 150 m dan 1.001 anak tangga.

Topik Menarik