Jejeran Ikan Hias Termahal di Dunia, Nomor 10 Anda Tak Akan Percaya!

Jejeran Ikan Hias Termahal di Dunia, Nomor 10 Anda Tak Akan Percaya!

Ekonomi | sindonews | Kamis, 20 Januari 2022 - 21:08
share

JAKARTA - Ikan hias termahal di dunia harganya bikin Anda tercengang, bahkan mungkin merasa tidak percaya. Bagaimana tidak, harga ikan hias ada yang mencapai puluhan miliar rupiah atawa seharga mobil-mobil supercar.

Semahal-mahalnya ikan hias, tetaplah seekor ikan belaka, yang hanya bisa dipandangi dan kapan pun bisa mati. Begitulah pikiran orang kebanyakan. Tapi tidak buat para pencintanya, bahkan penggilanya. Ikan hias lebih dari itu. Mereka merasa ada sensasi tersendiri dari memelihara ikan hias, bahkan ada yang meyakni membawa keberuntungan.

Ikan hias merupakan ikan yang hidup di air tawar maupun air laut yang nantinya diperuntukan untuk peliharaan bukan untuk dikonsumsi. Banyak jenis ikan hias yang menjadi favorit pencinta ikan hias untuk dipelihara, seperti arwana, cupang, guppy, mas koki, koi,manfish, dan masih banyak lagi.

Harga ikan hias biasanya tergantung jenis ikan, ukuran, maupun warna dari badannya.Tergantung pula dari tren yang sedang berlangsung.

Penggemar ikan hias datang dari semua kalangan, baik masyarakat biasa, pengusaha, ataupun pesohor. Host sekaligus komedian, Uya Kuya, pernah memamerkan ikan cupang di kanal Youtubenya. Ikan cupang yang dimiliki Uya Kuya memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp500.000 hingga Rp12 juta.

Apakah ikan cupang milik Uya Kuya jadi ikan hias yang termahal? Tentu saja tidak, masih banyak ikan hias yang harganya berlipat-lipat, bahkan ada yang menembus miliaran rupiah.

Simak, ikan hias termahal di dunia dengan harga yang super fantastis menurut beutifullife dan sumber lainnya:

1. Clarion Angelfish

Clarion Angelfish merupakan salah satu ikan hias termahal di dunia. Ikan ini banyak ditemukan di air asin. Tubuh mereka berwarna kuning dengan garis-garis biru cemerlang yang memanjang di sepanjang tubuh serta menutupi kepala.

Sirip ikan ini memiliki warna biru terang. Ikan ini biasanya dipelihara pada penangkaran ikan di Bali. Untuk harga, Clarion Anglefish berkisar antara USD2.500 (Rp35,9 juta) - USD7.000 (Rp100 juta) tergantung pada ketersediaannya.

2. Neptune Grouper

Ikan Kerapu Neptunus (Neptunus Grouper) hidup pada kedalaman 260 hingga 800 kaki.Untuk membawa ikan ini keluar ke permukaan dengan aman harus melalui proses dekompresi secara khusus. Ikan Kerapu Neptunus memiliki harga USD6.000 (Rp86,1 juta). Meskipun memiliki nilai jual fantastis, ikan ini lebih sering terlihat di pasar.

3. Golden Basslet

Golden Basslet merupakan permata air yang menawan serta langka dengan nilai jual yang sangat tinggi.Untuk mendapatkan satu ekor ikan Golden Basslet ini perlu merogoh kocek USD8.000 (Rp114,9 juta).

4. Bladefin Basslet

Ikan Bladefin Basslet merupakan ikan kecil dengan kisaran harga yang fantastis. Hal ini diketahui karena ikan basslet hidup di terumbu karang yang sangat dalam. Selain itu, beberapa di antaranya hidup pada kedalaman lebih dari 500 kaki yang membuat ikan ini sangat sulit untuk dipanen.Satu ekor ikan Bladefin Basslet dihargai senilai USD10.000 (Rp143,6 juta).

5. Masked Angelfish

Masked Angelfish memiliki tubuh seputih salju serta memiliki topeng hitam yang mencolok hingga membuat mereka sangat cantik. Ikan ini memiki nama ilmiah Centropyge Venustus. Perairan Kepulauan Hawaii bagian utara adalah rumah bagi ikan laut tropis ini.Harga per ekor Masked Angelfish menembus angka USD20.000 (Rp287,2 juta).

6. Pappermint Angelfish

Pappermint Angelfish merupakan salah satu ikan hias termahal di dunia.Ikan ini mendapati namanya berasal dari permen pappermint, yang dikenal dengan ciri keindahan berputar-putar di dalam mereka tinggal. Ukuran ikan ini hanya sebesar maksimum 3 inci. Untuk saat ini, hanya ada satu Peppermint Angelfish yang dipamerkan di Amerika Serikat. Ikan Peppermint Angelfish per ekornya dihargai sebesar USD30.000 (Rp430,8 juta).

7. Ikan Pari Polka Dot Air Tawar / Freshwater Polka Dot Stingray

Ikan ini merupakan ikan konsumsi paling mahal di dunia dan dijual seharga USD100.000 (Rp1,4 miliar). Ikan ini memiliki harga sangat mahal dikarenakan ekspor dari Brasil saat ini sudah dilarang. Ikan ini memiliki tubuh lonjong dengan bintik putih di bagian atas dan bagian bawah tanpa bintik yang berwarna abu-abu.

8. Arwana Platinum / Platinum Arowana

Ikan hias ke sepuluh ini adalah Arwana Platinum (Platinum Arowana) yang memiliki harga bernilai USD400.000 (Rp5,7 miliar). Ikan ini dianggap sebagai monster akuarium karena ukurannya yang sangat besar, warna tubuh metalik, dan memiliki gigi runcing yang besar.

9. Maruten Kohaku

Memiliki warna corak badan yang menawan dengan ukuran badan yang besar membuat salah satu jenis ikan koi ini pernah laku terjual senilai Rp1,1 miliar pada tahun 2010 di Jepang. Di tahun 2018, ikan koi Kohaku lain laku terjual di Jepang dengan biaya tebus senilai Rp26 miliar.

10. Koi Jepang

Memiliki warna emas yang unik ikan ini berbadan dasar warna putih dengan corak merah dan hitam. Ukurannya yang besar membuat ikan koi ini menjadi ikan hias termahal di dunia.Untuk pemeliharaan ikan koi Jepang ini membutuhkan kurang lebih 1.000 galon air. Koi Jepang dapat bertahan hidup sampai umur 30 tahun. Ikan ini dibanderol Rp28 miliar atau setara harga Lamborghini Aventador LP 700-4 2014.

MG07-Fransiska XE

Topik Menarik