RI Dapat Penghargaan Internasional atas Penerbitan Global Bonds, Menang 2 kategori

RI Dapat Penghargaan Internasional atas Penerbitan Global Bonds, Menang 2 kategori

Ekonomi | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 19:55
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia mendapat penghargaan internasional atas penerbitan global bonds September 2021 dari Global Capital pada 13 Januari 2022. Indonesia memenangkan dua kategori.

"Ini merupakan penghargaan bergengsi dari sebuah jaringan media internasional yang berfokus di pasar keuangan," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementeria Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Adapun dua kategori yang dimenangkan tersebut, yakni Best Bond dan Best SSA ( Sovereign, Supranationals, Agency ) Bond untuk debut transaksi Liability Management sebesar 1,25 miliar dolar AS dan debut penerbitan SDG bonds sebesar 500 juta euro.

Sementara itu, penghargaan dari Global Capital ini melengkapi penghargaan dari The Asset dalam kategori Best Bond-Indonesia untuk transaksi global bonds yang sama. Penghargaan itu adalah Liability Management sebesar 1,25 miliar dolar AS dan debut penerbitan SDG bonds sebesar 500 juta euro pada September 2021.

Kedua transaksi ini semakin mengukuhkan reputasi Indonesia sebagai the savviest bond issuers in Asia karena mampu masuk ke pasar dalam momentum dan instrumen yang tepat di tengah tumbuhnya kebutuhan penempatan portofolio ESG di pasar global.

Menurut Luky, penghargaan itu menunjukkan pengakuan dan apresiasi dunia internasional atas komitmen pemerintah dalam menerbitkan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

"Penghargaan tersebut akan terus memacu pemerintah RI untuk meraih kinerja yang lebih baik lagi dalam pengelolaan portofolio instrumen global bond ," ujar Luky.

Pemerintah pun akan terus berkomitmen untuk memenuhi standar yang berlaku untuk penerbitan SDGs bond dan menyampaikan laporan tahunan atas penerbitan tersebut. Selain itu, pemerintah juga akan melaksanakan kembali transaksi liability management untuk mengelola portofolio instrumen global bond .

Topik Menarik