Mengenal The Enigma, Berlian Hitam 555,55 Karat yang Akan Dijual Rp97 Miliar

Mengenal The Enigma, Berlian Hitam 555,55 Karat yang Akan Dijual Rp97 Miliar

Ekonomi | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 11:43
share

DUBAI, iNews.id Rumah lelang Sotheby\'s akan menjual berlian hitam 555,55 karat seharga 6,8 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp97,2 miliar (kurs Rp14.300 per dolar AS).

Proses lelang akan berlangsung pada Februari di London, Inggris, setelah dipamerkan di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Los Angeles, Amerika Serikat.

Permata langka yang dijuluki The Enigma diyakini berasal dari luar angkasa, tercipta dari tumbukan meteorik atau asteroid yang bertabrakan dengan bumi.

Menurut Sotheby\'s, berlian hitam segi alami dengan ukuran cukup besar ini, adalah fenomena yang sangat langka. Berlian hitam yang juga dikenal sebagai berlian Carbonado, berumur antara 2,6 hingga 3,8 miliar tahun yang lalu.

Adapun berlian hitam memiliki sejumlah kecil nitrogen dan hidrogen, elemen yang ditemukan di ruang antarbintang. Selain itu, juga mengandung osbornite atau mineral yang ada di meteorit.

Seorang spesialis perhiasan di Sotheby\'s di London, Nikita Binani, menyebut berlian itu merupakan fenomena alam sejati.

"Penjualannya merupakan kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban kosmik paling langka berusia miliaran tahun yang diketahui umat manusia," kata Nikita Binani, seperti dilansir dari CNN, Kamis (20/1/2022).

Bentuk berlian ini terinspirasi dari lambang telapak tangan Timur Tengah yakni Hamsa, tanda perlindungan, yang berarti lima dalam bahasa Arab.

Tema angka lima berjalan di seluruh batu, menurut juru lelang. Selain 555,55 karatnya, ia juga mengandung tepat 55 facet, atau face.

Lelang berlian hitam ini akan dibuka untuk penawaran online mulai 3 hingga 9 Februari, dan rumah lelang mengatakan akan menerima cryptocurrency sebagai pembayaran.

Langkah ini mengikuti penjualan berlian 101 karat, dijuluki "The Key 10138, yang menjadi permata termahal yang pernah dibeli dengan cryptocurrency ketika dijual tahun lalu, menurut Sotheby\'s.

Batu permata berbentuk buah pir dijual dengan harga setara dengan 12,3 juta dolar AS, setelah juru lelang mengumumkan menerima penawaran dalam bitcoin dan ethereum, selain bentuk pembayaran tradisional. Sotheby\'s tidak akan mengungkapkan mana dari dua cryptocurrency yang telah digunakan untuk melakukan pembelian.

Topik Menarik