Lunasi KPR 20 Tahun dalam Waktu 7 Tahun, Simak 3 Tipsnya!

Ekonomi | okezone | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 22:09
Lunasi KPR 20 Tahun dalam Waktu 7 Tahun, Simak 3 Tipsnya!

JAKARTA - Resolusi awal tahun 2022 memang beragam. Dari sisi finansial, tak sedikit orang yang yang menargetkan hidup bebas utang lebih cepat.

Hal ini juga berlaku dalam hal cicilan KPR yang ingin cepat-cepat dilunasi. Sebab itu, perencana keuangan sekaligus CEO ZAP Finance, Prita Ghozie Hapsari memberikan tips melunasi KPR lebih cepat dengan mengatur pendapatan.

"Alhamdulillah, aku pribadi berpengalaman bisa lunasin KPR dalam 7 tahun, yang semula 20 tahun. Sama kok, mulainya di usia 20an plus segubrak kebutuhan berhubung udah ada si mas & lil missy. Sekarang, Alhamdulillah udah bukan cicilers, jadi bebas deh punya Playing account," tulis Prita dalam akun resminya, @pritaghozie.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena fokus utama Prita adalah pelunasan lebih cepat, tidak fokus pada berbagai tujuan yang tersebar seiring bertambahnya penghasilan.

Adapun tiga tips yang dilakukan Prita untuk lebih cepat melunasi KPR-nya, yaitu:

1. Susun Budget untuk Melunasi Lebih Cepat

Saat memungkinkan, coba mengalokasikan tambahan persentase dari gaji untuk membayar cicilan lebih banyak.

Misal, jika gaji sebulan adalah Rp20 juta dengan batas atas ideal cicilan KPR adalah 30% x Rp20 juta, yakni Rp6 juta, Anda bisa mencoba memperluas lagi kemampuan membayar cicilan dengan mengurangi dana untuk gaya hidup. Misal, menambah Rp2 juta lagi.

Artikel Asli