Dorong Pengembangan Kawasan Industri Halal

Ekonomi | lombokpost | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 21:36
Dorong Pengembangan Kawasan Industri Halal

MATARAM -Pengembangan industri halal diklaim terus meningkat hingga pada seluruh rantai nilainya sejak hulu hingga ke hilir. Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti mengatakan hal ini karena kesadaran IKM akan industri halal sebagai ikon di NTB.

Fasilitasi layanan halal dan subsidi biaya oleh pemerintah juga terus didorong. Begitu juga program CSR perbankan untuk akses permodalan juga telah menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. Terbukti dua tahun belakangan sudah ada 300 layanan halal bagi IKM dan UMKM di NTB, katanya.

Melihat potensi pengembangan industri halal yang begitu besar, proses kawasan industri halal juga kini tengah dipersiapkan. Kini sudah mencapai tahapan penyusunan dokumen perencanaan pada kawasan yang disiapkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, memanfaatkan lahan hutan produktif.

Barulah tahap pembangunan fisik akan dimulai. Sembari menunggu, UMKM dan IKM juga didorong naik kelas menjadi pelaku dalam kawasan tersebut. Konsep besarnya namanya NTB Industrial Park yang juga menangani industri halal sejak hulu hingga ke hilir, ujarnya.

Pemerintah pun tahun ini tengah menyusun master plan sebagai dasar dorongan pengembangan selanjutnya. Baik untuk mengundang investasi dari dalam maupun luar daerah. Masterplan tersebut pertama menyasar kawasan di Sekotong, Lombok Barat dan Tumpak, Lombok Tengah. Selanjutnya menyasar Pulau Sumbawa pada lokasi food estate, Tambora, dan Sape. Ini menjadi persiapan untuk pembangunan industri 20 tahun mendatang.

Sesuai arahan perda pembangunan industri NTB tahun 2021-2041, imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Masyhuri juga terus mendorong UMKM memanfaatkan program-program sertifikasi halal gratis. Dengannya pembangunan dan eksistensi industri halal di NTB terus bisa ekspansi dan melekat sebagai ikon NTB. Image positif pada produk lokal, kualitas dan higienitas juga sesuai standar halal yang dibutuhkan.

Sertifikat halal ini kita dorong merata dikantongi UMKM. Selain untuk mendorong industri halal, juga membantu mereka melengkapi syarat untuk bisa naik kelas, ujarnya. (eka/r9)

Artikel Asli